Sukses

KOI Pamerkan Jersey Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024: Terinspirasi Lagu Berkibarlah Benderaku

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia resmi memamerkan jersey kontingen Indonesia untuk ajang Olimpiade Paris 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia resmi memamerkan jersey kontingen Indonesia untuk ajang Olimpiade Paris 2024.

Didukung oleh Didit Hediprasetyo Foundation, NOC Indonesia menggelar pameran seni di The Dharmawangsa Jakarta pada Kamis (4/7/2024) hingga Jumat (5/7/2024) yang sekaligus menjadi wadah mempertontonkan seragam kebanggaan Merah Putih di perhelatan olahraga multievent terakbar dunia.

Secara desain, jersey kontingen Indonesia terdiri atas dua warna utama sesuai bendera Merah Putih disertai lambang Garuda Pancasila berlatar perisai lingkaran hitam di bagian sisi kiri dadanya.

Desainer Tanah Air yang mendunia, Didit Hediprasetyo, pun turun tangan langsung mendesain jersey kontingen Indonesia. Menurut dia, inspirasi tampilan jersey didapat dari lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud.

"Waktu itu, saya cari inspirasi untuk koleksi ini. Sempat research dan menemukan (inspirasinya) dari mendengarkan lagi Berkbarlah Benderaku. Itulah yang jadi inspirasi untuk jersey Merah Putih ini," ungkap Didit dalam konferensi pers pameran jersey Kontingen Indonesia di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo pun mengapresiasi hasil desain jersey Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 oleh Didit Hediprasetyo Foundation. Dia berharap seragam tersebut dapat menandai pemrsatu sekaligus pemacu semangat atlet saat membela Merah Putih di panggung dunia.

"Jujur saja saya terkesima dengan desain-desainnya, baik dari jersey, polo shirt, hingga vest-nya. Menurut saya membuat jersey itu sangat rumit. Kita mau inovatif uga sensitif karena membawa negara," ucap Menpora dalam konferensi pers pada Kamis (4/7/2024).

"Saya rasa desain seperti ini (bagus), saya tidak terpikir sebelumnya. Saya rasa inspirasi bendera ini akan membuat atlet sangat nyaman, karena kita punya kultur ribuan. Tapi dengan Merah Putih, semua jadi satu terpadu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Rincian Set Seragam Kontingen Indonesia

Sekadar informasi, terdapat dua set seragam dan merchandise resmi yang wajib digunakan oleh para atlet, ofisial NOC Indonesia, serta tim CdM saat pengukuhan, pelepasan kontingen, keberangkatan, kepulangan, hingga acara-acara resmi seperti konferensi pers yang menyangkut Olimpiade Paris 2024.

Terdapat pula 1 set seragam motif khusus yang akan dikenakan saat penerimaan medali. Di samping itu, kontingen Merah Putih turut dibekali set seragam tambahan yang bakal digunakan saat latihan serta di area resmi.

Secara spesifik bagi para atlet, diberikan pula rangkaian pakaian olahraga berupa T-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit sesuai cabor masing-masing yang membutuhkan busana berbeda (seperti weightlifting, rowing, gymnastic, dan athletic) untuk dikenakan saat bertanding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.