Sukses

Euro 2024: Komentar 2 Pahlawan Spanyol Mikel Merino dan Dani Olmo Usai Singkirkan Jerman di Perempat Final

Mikel Merino dan Dani Olmo menjadi penentu kemenangan 2-1 Spanyol atas tuan rumah Jerman pada laga perempat final Euro 2024 di Stuttgart ARena.

Liputan6.com, Jakarta Dani Olmo dan Mikel Merino pantas disebut jadi pahlawan bagi Spanyol saat menyingkirkan tuan rumah Jerman 2-1 lewat perpanjangan waktu di laga perempat final Euro 2024. Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke semifinal Euro 2024.

Pertandingan berjalan melelahkan bagi Spanyol dan Jerman. Spanyol unggul lebih dahulu lewat Dani Olmo di menit ke-51.

Gol Dani Olmo yang manfaatkan umpan Lamine Yamal sepertinya bakal jadi penentu kemenangan. Namun ini salah karena Jerman berhasil samakan skor lewat Florian Wirtz lewat perjuangan spartan di menit ke-89 sehingga memaksa skor 1-1 dan perpanjangan waktu.

Saat pertandingan seperti akan berlanjut ke adu penalti, keajaiban terjadi. Setelah bekerjasama dengan Marc Cucurella, Olmo melepas umpan silang yang disambut Mikel Merino lewat sundulan dan gol di menit ke-119.

Skor berubah 2-1 dan Spanyol segel tempat ke semifinal. Bagaimana komentar dua pahlawan Spanyol Mikel Merino dan Dani Olmo?

"Hati selalu lebih penting ketimbang kaki. Ayo tetap tenang dan kalem, soalnya dalam waktu empat hari kita akan main di semifinal Euro 2024," kata Dani Olmo seperti dikutip ESPN.

 

2 dari 4 halaman

Komentar Mikel Merino yang Mencetak Gol Kemenangan

Pada laga semifinal, Prancis bakal kehilangan Dani Carvajal yang mendapatkan kartu merah dan juga Robin Le Normand. Ini bakal jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Spanyol.

Meski begitu, Spanyol sepertinya bakal melupakan itu karena sedang menikmati kemenangan lawan Jerman. Rasa lelah seperti dilupakan, itu yang dirasakan Merino.

"Sejujurnya saya lelah. Adrenalin mengalir deras di tubuh saya sekarang. Ini momen yang unik," kata Merino.

"Banyak kerja keras di balik keberhasilan kami, utamanya dari rekan saya yang tampil bagus. Ini juga jadi hadiah bagi kegigihan kami dan saya pikir kami pantas. Kami sudah tunjukkan bagaimana harus menderita."

 

3 dari 4 halaman

Komentar Pelatih Spanyol Luis de La Fuente

 

Sementara itu, pelatih Spanyol Luis de la Fuente hanya bisa berterimakasih kepada pemain. Dia salut dengan pemainnya yang punya hati yang besar.

"Ini momen yang pas untuk menikmati apa yang sudah kami raih. Pemain saya luar biasa. Saya bangga bisa melatih pemain-pemain seperti ini," katanya.

"Mereka terbiasa berkompetisi di level tertinggi dan punya kesempatan untuk menang. Tim ini akan selalu bersaing, ada ruang untuk jadi lebih baik tapi kualitas, komitmen pemain tak usah ditanyakan lagi."

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

 

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimich, Rudiger, Jonathan Tah, Raum; Emre Can, Toni Kroos; Sane, Gundogan, Jamal Musiala; Kai Havertz