Sukses

Euro 2024: Gareth Southgate Beber Kunci Inggris Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti

Gareth Southgate menjadi pelatih yang beruntung karena pemain inggris selalu mampu bangkit usai tertinggal seperti saat melawan Swiss.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris membuktikan keberuntungan masih berpihak kepada mereka usai menang 5-3 lewat adu penalti lawan Swiss pada laga perempat final Euro 2024 di stadion Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024). Inggris sukses eksekusi seluruh penalti, sedangkan Swiss gagal lewat Manuel Akanji.

Duel harus dilanjutkan adu penalti usai kedua tim imbang 1-1 di waktu normal. Swiss unggul lebih dahulu lewat Breel Embolo di menit ke-75.

Tapi Inggris menunjukkan tidak cuma beruntung, tapi juga punya kualitas. Mental kuat membuat mereka bisa samakan skor lewat tendangan keras Bukayo Saka di menit ke-80.

Mentalitas kuat itu ditunjukkan lagi saat adu penalti. Pelatih Inggris, Gareth Southgate pun membeberkan kunci kemenangan The Three Lions, julukan Inggris.

"Saya pikir para pemain memang brilian semua. Ini duel terbaik yang pernah kami mainkan. Kami menciptakan banyak masalah dengan bola," kata Gareth Southgate seperti dikutip UEFA.com.

"Mereka tim yang bagus, mereka sulit ditekan dan juga sulit bertahan lawan mereka. Pergerakan mereka sangat bagus. Bangkit setelah tertinggal menunjukkan bagaimana karakter dan kegigihan kami. Jadi juara bukan cuma main bagus, tapi Anda harus menunjukkan semua kemampuan."

 

2 dari 4 halaman

Komentar Man of The Match Bukayo Saka

 

Man of The Match pertandingan Inggris melawan Swiss diraih oleh Bukayo Saka. Winger Arsenal ini cukup sering membuka peluang untuk Inggris.

Peluang terbaiknya tentu terjadi di menit ke-80. Dapatkan umpan dari Declan Rice, Saka langsung melepas tendangan melengkung yang sulit dijangkau Yann Sommer.

"Saya suka tekanan saat ambil penalti. Anda terjatuh sekali, tapi saya tipikal orang yang ingin langsung bangkit lagi. Saya tahu banyak orang, termasuk keluarga saya yang tegang menonton penalti, tapi saya tetap tenang."

 

3 dari 4 halaman

Penendang Penalti Inggris Lebih Meyakinkan

 

Sementara itu, Harry Kane mengomentari keberhasilan Inggris lewat adu penalti. Dia tidak ikut eksekusi penalti karena ditarik keluar oleh Gareth Southgate usai terjatuh di bench pemain Inggris.

"Ini duel sulit lainnya dan pemain kembali tunjukkan bisa bangkit lagi. Gol fantastis dari Bukayo Saka," kata Harry Kane.

"Penalti tetap penalti dan saya siap di pinggir lapangan. Kami percaya dengan siapa saja di lapangan. Perbedaan dibandingkan masa lalu, kami punya penendang penalti yang jitu."

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Inggris vs Swiss

 

Inggris (3-4-2-1): Pickford; Walker, Stones, Konsa; Trippier, Mainoo, Rice, Saka; Bellingham, Foden; Kane

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Ndoye, Freuler, Xhaka, Aebischer; Rieder, Vargas; Embolo