Sukses

Resmi Jadi Anggota KONI, Padel Langsung Tancap Gas Siapkan Eksibi PON 2024

Padel sudah resmi menjadi anggota KONI ke-74. Olahraga yang digemari Cristiano Ronaldo ini juga akan tampil di PON 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) baru saja resmi diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Padel menjadi anggota KONI bersama cabor lari trail dan teqball pada Rakernas yang digelar Rabu 3 Juli 2024 di Jakarta.

Usai resmi jadi anggota KONI ke-74, PBPI langsung tancap gas menyiapkan diri karena padel akan pertandingan eksibisi di Pekan Olahraga Nasional atau PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Pada Minggu (7/7/2024), PBPI menggelar pertandingan eksibisi bertajuk Road To PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Padel Indonesia’.

Bertempat di Padel Pro Kemang, Jakarta Selatan, event ini diikuti delapan dari 11 pengprov yang terdaftar di PBPI. Acara ini turut dihadiri Menpora Dito Ariotedjo dan ketua umum KONI Pusat Marciano Norman.

"Terima kasih kepada federasi (PBPI) yang setahun ini sudah sangat agresif mengembangkan padel. Ini juga menjemput bola karena sebelumnya di Bali transformasi padel sangat cepat. Dan ini kita langsung ambil bagian agar atlet padel Indonesia bisa bertanding di kancah internasional," kata Menpora Dito.

Menpora Dito berpendapat bahwa olahraga padel bisa menjadi andalan Indoensia di masa depan karena begitu cocok dengan fisik orang Indonesia. Padel sendiri merupakan campuran dari badminton, tenis dan squash.

"Pokoknya kita beri dukungan penuh untuk padel. Jadi selamat untuk kejurnasnya semoga simulasi PON XXI di Sumut khususnya, bisa semakin merata di seluruh Indonesia dan semoga olahraga padel bisa menjadi andalan Indonesia," harap Menpora Dito.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Pesat Padel

Selain Menpora Dito, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman juga mengapresiasi perkembangan padel yang begitu pesat meski baru satu tahun terakhir berdiri.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI), yang pertama padel ini telah resmi menjadi anggota KONI yang ke-74 kemudian padel ini akan dipertandingkan pada ekshibisi PON XXI tahun 2024 di Medan nanti,” kata Ketum KONI Pusat, Marciano Norman.

3 dari 3 halaman

Langkah Sosialisasi Padel

Sementara itu Ketua Umum PBPI, Galih Kartasasmita mengatakan bahwa pihaknya bakal terus meningkatkan sosialisasi olahraga padel ke masyarakat luas. Salah satunya dengan memperbanyak lapangan untuk padel di berbagai daerah.

“Untuk hari ini tentu judulnya kan, jelas Road to PON XXI simulation games, jadi ini termasuk juga Kejurnas karena ada beberapa Pemprov yang hadir, ini ada Jabar, Sumut, Kalbar, DKI, Banten, Bali sama NTB. Saya terimakasih pada pengprov-pengprov yang hadir dan bersedia membangun dan mempercepat pembangunan padel Indonesia,” terang Galih.

Road To PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Padel Indonesia bisa berjalan sukses berkat dukungan dari Nivea Men, Juaraga, Head, AMG media group, Redbull, Sidas.