Sukses

Menpora: Presiden Jokowi Lepas Kontingen Olimpiade Paris 2024 pada 10 Juli

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan Presiden Joko Widodo akan melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 pada Rabu (10/7/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan Presiden Joko Widodo akan melepas kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 pada Rabu (10/7/2024).

Indonesia berkekuatan 29 atlet untuk pesta olahraga termegah di muka bumi yang berlangsung mulai 26 Juli mendatang. "Iya lagi diatur jadwalnya," kata Dito usai mengikuti rapat tourism fund di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/7/2024), dilansir Antara.

Jumlah kontingen Merah Putih untuk Olimpiade Paris merupakan terbanyak dalam 20 tahun terakhir setelah Athena 2004 ketika mengirimkan 38 atlet.

Beberapa di antaranya akan berpartisipasi pada cabang olahraga yang baru dipertandingkan atau bahkan belum pernah berpartisipasi sebelumnya.

"Banyak sekali cabang olahraga yang ini pertama kalinya di Olimpiade kita meloloskan atletnya. Jadi insyaallah hasilnya bisa mengukir sejarah. Mohon dukungan masyarakat," kata Dito.

Dia melanjutkan, saat ini persiapan pemberangkatan atlet ke Olimpiade 2024 sudah hampir selesai dengan hanya menyisakan persiapan administrasi dan adaptasi di lapangan.

"Persiapan 80 persen, ini dikit lagi, tinggal nanti berangkat. Ya 20 persen lagi keberangkatan nanti bagaimana administrasi dan juga adaptasi di lapangannya," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Harapkan Emas dari Cabor Selain Badminton

Terlepas dari persiapan, CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie mengungkap optimisme pihaknya terkait potensi sejumlah cabang olahraga mendulang medali.

Di samping badminton yang selalu berperan menjaga tradisi emas, Anin menilai panjat tebing dan angkat besi juga punya prospek bagus mengukir prestasi.

"Di beberapa cabang, kita punya potensi lebih. Misalnya badminton selama ini selalu mendapat emas. Siapa tahu juga dari sports climbing, angkat besi (bisa ikut menyumbang medali)," ucap Anindya Bakrie.

"Namun bukan hanya 3 ini saja, ada juga gymnastic, balap sepeda, judo, selancar. Jadi kita harus berbangga," tambah CdM kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

3 dari 3 halaman

Daftar Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

  1. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)
  2. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
  3. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
  4. Nurul Akmal (Angkat Besi)
  5. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)
  6. Jonatan Christie (Bulutangkis)
  7. Anthony Sinisuka Ginting (Bulutangkis)
  8. Gregoria Mariska Tunjung (Bulutangkis)
  9. Fajar Alfian (Bulutangkis)
  10. Muhammad Rian Ardianto (Bulutangkis)
  11. Apriyani Rahayu (Bulutangkis)
  12. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulutangkis)
  13. Rinov Rivaldy (Bulutangkis)
  14. Pitha Haningtyas Mentari (Bulutangkis)
  15. La Memo (Dayung)
  16. Maryam March Maharani (Judo)
  17. Fathur Gustafian (Menembak)
  18. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
  19. Diananda Choirunisa (Panahan)
  20. Rezza Octavia (Panahan)
  21. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)
  22. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)
  23. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)
  24. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)
  25. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)
  26. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)
  27. Azzahra Permatahani (Renang)
  28. Rio Waida (Selancar Ombak)
  29. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)
Video Terkini