Sukses

Hasil Copa America 2024: Lionel Messi Cetak Gol, Argentina Lolos ke Final Usai Hajar Kanada 2-0

Lionel Messi akhirnya mencetak gol dan membawa timnya Argentina maju ke final Copa America 2024 setelah mengalahkan Kanada di semifinal di Stadion MetLife, East Rutherford, Amerika Serikat.

 

Liputan6.com, Jakarta Argentina lolos ke partai puncak Copa America 2024 usai kalahkan Kanada 2-0 dalam laga semifinal di Stadion MetLife, East Rutherford, Amerika Serikat, Rabu pagi WIB (10/7/2024). Gol Le Celeste dilesakkan Julian Alvarez dan Lionel Messi.

Argentina maju ke final dan masih menunggu calon lawannya pemenang duel semifinal lainnya Uruguay lawan Kolombia yang baru akan digelar Kamis besok 11 Juli 2024.

Di awal pertandingan Argentina masih bermain hati-hati dan lebih banyak memainkan bola di daerahnya sendiri. Sebaliknya, Kanada mencoba bermain agresif dengan memainkan umpan-umpan panjang.

Peluang buat Kanada terjadi di menit keempat dan tujuh. Mendapat bola di area pertahanan Argentina, Jacob Shaffelburg melepaskan tendangan keras, namun bola masih melebar di sisi gawang. Bintang Argentina Lionel Messi nyaris membuka keunggulan untuk timnya pada menit 11. Menggiring bola hingga dekat pertahanan Kanada, Messi meneruskan dengan sepakan keras, tapi bola melenceng tipis.

Usaha keras Argentina akhirnya membuahkan hasil pada menit 22. Lewat serangan cepat, bola diumpan ke arah Julian Alvarez yang lolos dari kawalan, sebelum akhirnya memperdaya kiper Kanada dengan sontekan. Skor 1-0 untuk Argentina.

Unggul satu gol, Argentina masih tetap mengatur tempo dengan permainan lambat. Mereka sering memainkan bola di daerah sendiri selanjutnya menyerang lewat operan panjang dari sisi lapangan.

Dua peluang kembali didapat Argentina untuk menambah lagi kemenangan. Tapi, bola tendangan Di Maria dan sundulan Lisandro Martinez masih meleset dari sasaran.

Keberuntungan sepertinya belum juga berpihak pada Messi di ajang ini. Lagi-lagi mantan bintang Barcelona ini gagal mencetak gol, padahal posisinya sudah dekat dengan gawang. Bola sepakannya kembali meleset dari sasaran. Hingga laga babak pertama usai kedudukan tidak berubah untuk kemenangan Argentina. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lionel Messi Akhirnya Sumbang Gol Buat Argentina

Kanada mencoba mengambil inisiatif penyerangan di awal babak kedua. Mereka mencoba menekan pertahanan Argentina dengan variasi operan pendek dan bola panjang.

Namun, alih-alih mencetak gol gawang Kanada justru kembali kebobolan pada menit 51. Messi akhirnya berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan Enzo Fernandez di dalam kotak penalti. Kanada akhirnya mendapat peluang untuk mencetak gol pada menit 60. Sayang, tendangan Kone terlalu keras, sehingga bola melambung di atas mistar gawang.

Memasuki pertengahan babak kedua, Kanada dan Argentina melakukan sejumlah pergantian pemain. Nicolas Otamendi dan Molina masuk menggantikan Tagliafico dan Montiel.

Kanada yang lebih banyak mengganti pemain kembali mencoba memperkecil ketinggalan. Namun, upaya Richie dkk masih dengan mudah dimentahkan bek Argentina.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan, Argentina langsung menurunkan tempo permainan. Mereka memilih menarik lebih banyak pemainnya di daerah pertahanan untuk mengamankan kedudukan.

Kanada tak kenal menyerah terus berupaya mencetak gol ke gawang Argentina. Liam Millar punya kesempatan menjebol gawang Martinez, tapi bola malah melayang di atas mistar.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 2-0 untuk Argentina tetap bertahan. Skuad asuhan Lionel Scaloni pun melaju ke final Copa America 2024.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Argentina (4-4-2): Emiliano Martínez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero, Lisandro Martínez, Nicolás Tagliafico; Angel di Maria, Rodrigo de Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernández; Lionel Messi, Julian Alvarez.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Kanada (4-2-3-1): Maxime Crépeau; Alistair Johnston, Moise Bombito, Derek Cornelius, Alphonso Davies; Stephen Eustaquio; Kone, Richie Laryea, Jonathan David, Jacob Shaffelburg; Cyle Larin.

Pelatih: Jesse Marsch.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.