Sukses

Dana Lagi Cekak, Manchester United Diberi 2 Keringanan untuk Rekrut Joshua Zirkzee

Manchester United rupanya dua keringanan berupa diskon biaya agen serta mekanisme cicilan untuk pembayaran biaya transfer ke Bologna, saat mengangkut striker barunya Joshua Zirkzee ke Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United boleh dikata lumayan untung dalam proses perekrutan striker baru Joshua Zirkzee di bursa transfer musim panas 2024. 

Laporan mengungkap Setan Merah mendapat dua keringanan, termasuk diskon biaya agen, saat mengangkut pemain asal Belanda ke Old Trafford. 

Sebagai informasi, MU sejak awal memang amat berambisi mendatangkan setidaknya baru penyerang baru lewat bursa transfer pertemgahan tahun. Erik ten Hag butuh tambahan opsi di samping Rasmus Hojlund menyusul berakhirnya kontrak Anthony Martial dengan MU. 

Nama Joshua Zirkzee pun sudah lama masuk dalam bidikan Manchester United. Akan tetapi, pemain berusia 23 tahun sempat dikhawatirkan sulit menjadi milik MU lantaran dia sudah sangat dekat dengan kepindahan menuju AC Milan. 

Menurut kabar yang beredar, Rossoneri telah menyetujui persyaratan pribadi dengan Zirkzee dan siap menebus klausul rilisnya dari Bologna. Akan tetapi, biaya agen yang diminta Kia Joorabchian pada akhirnya merusak rencana Milan, dengan dia mengharapkan fee kelewat mahal yang mencapai 15 juta euro. 

Situasi itu lantas membuka peluang bagi Setan Merah membajak striker Bologna. Laporan sejak beberapa hari lalu mengungkap Manchester United kini sudah berhasil membereskan kesepakatan untuk Zirkzee dan tinggal membuat pengumuman resmi soal kedatangan pemain kelahiran 2001.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Diskon dari Agen

Menariknya, berbeda dari AC Milan, upaya MU menyelesaikan rekrutan perdana mereka di bursa transfer musim panas 2024 seolah didukung semesta.

Setan Merah yang sejak awal digadang-gadang tak bakal mampu belanja mewah akibat ancaman Financial Fair Play (FFP) justru mendapat diskon untuk mengangkut Joshua Zirkzee. 

Laporan Calciomercato yang dilansir dari Football Transfers mengungkap, Manchester United diberi keringanan dalam hal komisi agen oleh Kia Joorabchian.

Alih-alih diminta membayar 15 juta euro seperti AC Milan, Joorabchian memperbolehkan MU membayar fee hanya 10 juta euro alias memberi diskon 5 juta euro kepada klub raksasa Liga Inggris.

3 dari 3 halaman

Bologna Izinkan MU Nyicil

Tak sampai di situ, keringanan lain juga diperoleh Manchester United dari Bologna. Klub Serie A konon mengizinkan MU untuk mencicil pembayaran mahar Joshua Zirkzee selama tiga tahun. 

Kabar sebelumnya mengungkap, pemain berusia 23 tahun sejatinya diokat klausul rilis senilai 40 juta euro yang bisa langsung ditebus oleh MU. Akan tetapi, Setan Merah memilih mengadakan negosiasi formal dengan Bologna guna mendapat kesepakatan yang lebih baik. 

Hasilnya, Setan Merah berhasil membuat Bologna setuju dengan mekanisme pembayaran cicilan. Hanya saja, mereka harus rela membayar biaya transfer yang sedikit lebih mahal, yakni di angka 42,5 juta euro. 

Adapun sebanyak 50 persen dari mahar yang diterima Bologna nantinya bakal dibayarkan kepada Bayern Munchen selalu pemilik Joshua Zirkzee sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.