Sukses

Bawa Timnas Inggris Tembus Final Euro 2024, FA Ingin Pertahankan Gareth Southgate di Kursi Pelatih

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) kabarnya ingin coba mempertahankan Gareth Southgate di kursi manajer usai dia berhasil membawa The Three Lions tembus final Euro 2024 secara back-to-back.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi sepak bola Inggris (FA) kabarnya ingin coba mempertahankan Gareth Southgate di kursi manajer usai dia berhasil membawa The Three Lions tembus final Euro 2024 secara back-to-back.

Seperti diketahui, Harry Kane dan kawan-kawan sebelumnya juga berhasil mencapai partai puncak kompetisi Eropa empat tahunan edisi lalu, tetapi harus puas finis sebagai runner-up lantaran kalah lewat drama adu penalti dari Italia di laga pemungkas.

Adapun Timnas Inggris sendiri sejatinya sempat tampil kurang menjanjikan saat fase penyisihan grup. Mereka cuma menang sekali atas Serbia, lalu dipaksa bermain imbang oleh Denmark dan Slovenia, yang mengantar The Three Lions hanya mengumpulkan total 5 poin di klasemen grup C.

Anak-anak asuh Southgate lantas sukses melewati adangan Slovakia di 16 besar, tetapi harus kerja keras lantaran terlibat adu penalti dengan Swiss usai mencatatkan hasil seri 1-1 hingga akhir perpanjangan waktu babak perempat final.

Timnas Inggris baru kembali menunjukkan permainan gemilang ketika menumpas Belanda 2-1 di semifinal Euro 2024 pada Kamis (11/7/2024), meski sempat tertinggal lewat gol cepat Xavi Simons.

Capaian tersebut membuat Inggris sukses mencetak sejarah dengan mencapai final kejuaraan besar sepak bola putra pertamanya di luar negeri. Southgate juga berhasil memperpanjang rekor sebagai manajer Inggris dengan catatan kemenangan knock-out terbanyak di turnamen besar, yakni 10 kemenangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

FA Ingin Tambah Masa Tinggal Southgate

FA selaku federasi sepak bola Inggris pun tak menutup mata akan raihan Southgate bersama anak-anak asuhnya itu. The Standard mengeklaim mereka ingin melanjutkan kerja sama dengan sang pelatih, terlepas dari hasil yang diraih timnya dalam final Euro 2024 melawan Spanyol pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Adapun kontrak Gareth Southgate bersama The Three Lions saat ini berlaku sampai bulan Desember. Sang pelatih sebelumnya telah berulang kali menegaskan bahwa dia enggan mempertimbangkan masa depannya sampai periode Kejuaraan Eropa berakhir.

Di sisi lain, kepala Eksekutif FA Mark Bullingham juga memastikan pihaknya belum melakukan pendekatan terhadap calon suksesor Southgate jelang Euro.

Asosiasi sepak bola Inggris pun kini berniat tetap mendudukkan pria berusia 53 tahun di kursi pelatih guna memimpin The Three Lions dalam Piala Dunia 2026, yang akan sekaligus memperpanjang masa jabatannya menjadi satu dekade.

3 dari 3 halaman

Tatap Final Euro 2024

Terlepas dari persoalan masa depannya, Gareth Southgate saat ini tengah fokus menatap final Euro 2024 melawan Spanyol. Dia meyakini anak-anak asuhnya harus tampil sempurna jika ingin menaklukkan La Furia Roja yang selalu menyapu bersih kemenangan sejak fase grup.

"Mereka (Spanyol) adalah tim yang sangat bagus. Kami harus tampil sempurna untuk memenangkan pertandingan ini dan kami harus mengerahkan semua yang kami miliki dalam diri (saat berlaga)," ucap Southgate, seperti dilansir dari The Standard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.