Sukses

5 Final Piala Eropa Terbaik Sepanjang Masa, Duel Puncak Euro 2024 Bakal Masuk Daftar?

Apakah final Euro 2024 bakal jadi salah satu laga puncak terbaik Piala Eropa? Sembari menanti, berikut adalah lima final Euro terbaik sepanjang masa yang diingat oleh para penggemar sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa, atau Euro, memasuki edisi ke-17 pada 2024. Ajang ini telah menjadi salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia.

Dalam sejarahnya yang panjang, kompetisi ini telah menyajikan berbagai momen dramatis dan kemenangan yang tak terlupakan. Tidak terkecuali pada laga puncak yang memiliki pertaruhan terbesar.

Tidak terkecuali pada Euro 2024. Spanyol bertemu Inggris di Olimpiastadion, Senin (15/7/2024) dini hari WIB, untuk memperebutkan Trofi Henri Delaunay.

Apa pun hasilnya, laga nanti bakal dikenang oleh dua pendukung. Kemenangan akan membawa Spanyol sebagai negara tersukses turnamen dengan empat gelar. Saat ini mereka bersanding bersama Jerman dalam daftar pengoleksi titel terbanyak.

Sementara Inggris memburu kehormatan pertama sepanjang sejarah di turnamen. Pasukan Gareth Southgate juga ingin mengakhiri paceklik prestasi beberapa dekade menyusul kesuksesan menjuarai Piala Eropa 1966.

Namun, apakah laga nanti bakal jadi salah satu final terbaik Piala Eropa? Sembari menanti, berikut adalah lima final Euro terbaik sepanjang masa yang diingat oleh para penggemar sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan 1992 dan Replay 1968

1. 1992: Denmark vs Jerman

Final Piala Eropa 1992 diadakan di Stadion Ullevi, Gothenburg, Swedia. Denmark, yang dianggap sebagai tim underdog, berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0. Kemenangan ini menjadi kejutan besar bagi dunia sepak bola, karena Denmark tidak diharapkan dapat menang melawan tim kuat Jerman. Gol-gol dari John Jensen dan Kim Vilfort membuat Denmark menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya.

2. 1968: Italia vs. Yugoslavia

Final Piala Eropa 1968 diadakan di Stadion Olimpiade, Roma, Italia. Italia berhasil mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0 dalam pertandingan ulang setelah pertandingan pertama berakhir imbang 1-1. Kemenangan ini membuat Italia menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya.

 

3 dari 3 halaman

Penalti Ikonik dan Kemenangan Adu Penalti

3. 1976: Jerman Barat vs Cekoslovakia

Final Piala Eropa 1976 diadakan di Stadion Raja Baudouin, Brussels, Belgia. Jerman Barat berhasil mengalahkan Cekoslovakia dengan skor 3-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 2-2. Kemenangan ini membuat Jerman Barat menjadi juara Piala Eropa untuk pertama kalinya.

4. 1996: Jerman vs Republik Ceko

Final Piala Eropa 1996 diadakan di Stadion Wembley, London, Inggris. Jerman berhasil mengalahkan Ceko dengan skor 1-1 (5-4 dalam adu penalti). Kemenangan ini membuat Jerman menjadi juara Piala Eropa untuk ketiga kalinya.

5. 2020: Italia vs Inggris

Final Piala Eropa 2020 diadakan di Stadion Wembley, London, Inggris. Italia berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1-1 (3-2 dalam adu penalti). Kemenangan ini membuat Italia menjadi juara Piala Eropa untuk kedua kalinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.