Sukses

Argentina Juara Copa America 2024, Lionel Messi dkk Ukir Sejarah Gondol Triple Crown

Argentina meraih tiga trofi bergengsi beruntun setelah sukses mengamankan Copa America 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Argentina memastikan diri menjadi juara Copa America 2024. Pasukan Lionel Scaloni menang tipis 1-0 atas Kolombia lewat extra time pada laga final yang berlangsung di Hard Rock Stadium, Miami, Senin (15/7/2024) pagi WIB. Kesuksesan ini membuat tim Tango mengukir sejarah baru di kancah sepak bola internasional.

Gol tunggal kemenangan Argentina dicetak pemain pengganti Lautaro Martinez pada menit 112. Argentina harus tampil selama sekitar satu jam tanpa bintangnya Lionel Messi yang mengalami cedera sehingga tak bisa melanjutkan pertandingan di pertengahan babak kedua.

Keberhasilan juara Copa America 2024 membuat Argentina mempertahankan gelar. Mereka juga juara pada edisi 2021.

Yang lebih luar biasa Argentina sukses merebut Triple Crown alias tiga piala di tiga turnamen besar internasional secara beruntun. Selain dua gelar Copa America, Argentina juga menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar dengan mengalahkan Prancis pada laga final.

Mereka menjadi tim Amerika Selatan pertama yang bisa melakukannya. Brasil bahkan belum pernah bisa mendapatkan Triple Crown.

Sukses juara Copa America 2024 juga akan membuat Argentina akan tampil di Finalissima 2025. Mereka akan bertemu dengan juara Eropa Spanyol yang baru tadi malam sukses meraih mahkota Euro 2024 usai menang 2-1 atas Inggris.

Pertemuan Argentina dengan Spanyol sudah dinantikan para pecinta bola karena bakal menjadi pertemuan resmi pertama Messi dengan pemain remaja Lamine Yamal. Saat ini Yamal sudah jadi bintang Spanyol di usia 17 tahun. Saat masih balita, Messi sempat ikut memandikan Yamal dan fotonya kemudian viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Argentina Juara Copa America 2024

Dalam perjalanan menjadi juara Copa America 2024, Argentina tak tersentuh kekalahan dalam enam pertandingan. Messi dan kawan-kawan menyapu bersih fase grup dengan menghajar Kanada, Chile dan Peru.

Namun di fase gugur, Argentina mulai harus bekerja keras. Mereka nyaris kalah dari Ekuador. Argentina dipaksa bertarung sampai adu penalti. Messi gagal sebagai algojo pertama. Beruntung Emiliano Martinez tampil gemilang sehingga menang adu penalti 4-2 atas Ekuador.

Kemudian Argentina kembali mengalahkan Kanada di babak semifinal. Messi akhirnya membuat gol pertamanya di Copa America 2024. Pemain Inter Miami itu membelokkan tembakan gelandang Enzo Fernandez pada menit 51 guna menggandakan keunggulan Argentina.

3 dari 3 halaman

Gelar Lengkap Argentina di Copa America 2024

Kesuksesan Argentina menjuarai Copa America 2024 semakin lengkap. Striker andalannya Lautaro Martinez sukses merebut Sepatu Emas sebagai top skor Copa America 2024. Pemain Inter Milan itu mengoleksi lima gol selama event berlangsung di Amerika Serikat.

Selain Lautaro Martinez, pemain Argentina lain yang meraih penghargaan individu di Copa America 2024 adalah kiper Emiliano Martinez. Penggawa Aston Villa itu dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Sayangnya gelar pemain terbaik lepas dari genggaman Argentina. CONMEBOL memilih pemain Kolombia James Rodriguez sebagai peraih Bola Emas Copa America 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini