Sukses

Hasil Piala Presiden 2024: Persib Sikat PSM Makassar di Laga Pembuka

Persib meraih kemenangan di laga pertama Piala Presiden 2024 saat bertemu PSM Makassar.

Liputan6.com, Jakarta- Persib Bandung sukses membuka Piala Presiden 2024 dengan gemilang. Maung Bandung menang 2-0 ketika menghadapi PSM Makassar pada laga Grup A di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Jumat (19/7/2024) sore WIB.

Tampil dihadapan ribuan Bobotoh, Persib Bandung langsung menekan PSM begitu laga dimulai. Pasukan Bojan Holdak mengandalkan duet pemain depan David da Silva dan Ciro Alves.

Peluang emas sudah didapat Persib pada menit sembilan melalui Ciro Alves. Namun tembakannya masih melebar dari gawang PSM yang dikawal oleh Hilman Syah.

Enam menit berselang Ciro Alves tak mengulangi kesalahan saat mendapat peluang emas. Pemain asal Brasil itu sukses mencetak gol usai menuntaskan umpan terobosan dari David da Silva. Ciro dengan tenang memperdaya Hilman Syah.

Di menit 20, Persib seharusnya bisa menambah gol lagi. Sayangnya Ciro kali ini egois memilih mengeksekusi sendiri meski David da Silva berada dalam posisi bebas.

PSM juga bukannya tanpa peluang. Di menit 22 mereka hampir menyamakan skor bila saja bola sundulan Latyr Fall masih bisa ditepis kiper Persib Teja Paku Alam.

Persib mendapat gol kedua empat menit sebelum jeda. Nermin Haljeta melakukan gol bunuh diri saat secara tak sengaja salah menghalau bola di mulut gawang sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Persib vs PSM

Di babak kedua, PSM keluar menyerang. Mereka terus menekan Persib. Sebuah peluang didapat Victor Dethan. Namun bola masih meleset dari sasaran.

Persib juga sempat mengancam untuk mencetak gol ketiga. Sayangnya penyelesaian Febri Haryadi kurang baik sehingga peluang terbuang percuma di menit 60.

Peluang emas PSM kembali hadir di menit 79. Ricky Pratama melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi Teja Paku Alam lagi-lagi bisa menepisnya.

Di sisa pertandingan, PSM menguasai permainan. Tapi mereka kesulitan menembus pertahanan rapat Persib yang dikomandani Victor Igbonefa. Skor 2-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Dibuka Jokowi

Ajang sepak bola pramusim paling bergengsi Indonesia Piala Presiden 2024 resmi dibuka di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (19/7/2024) sore WIB. 

Presiden Joko Widodo hadir langsung ke stadion dengan didampingi Ibu Negara Iriana sesaat jelang dikumandangkannya lagu Indonesia Raya menuju. 

Sekadar informasi, Piala Presiden 2024 menandai kali keenam pelaksanaan kompetisi sejak pertama bergulir pada 2015. Ajang edisi ini sekaligus menjadi yang terakhir diselenggarakan di bawah era pemerintahan Presiden Jokowi.

Adapun Piala Presiden semula dijadikan turnamen pengganti Liga Super Indonesia usai PSSI dijatuhi sanksi FIFA pada Mei 2015 akibat masalah dualisme.

Pada perkembangannya, Piala Presiden bertransformasi menjadi ajang pramusim. Turnamen tersebut lantas rutin digelar, dengan Arema FC menjadi tim tersukses lantaran mampu mendulang 5 trofi sejauh ini.

Pembukaan Piala Presiden 2024 diwarnai dengan nuansa tradisional khas Indonesia. Diawali lagu Indonesia Raya, tarian kreasi yang mengandung unsur kebudayaan lantas ditampilkan di tengah lapangan Stadion Si Jalak Harupat sebagai bagian dari rangkaian pembukaan.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana sendiri sudah masuk ke area tribun VIP sejak pukul 15.05 WIB. Keduanya turut menyaksikan jalannya opening ceremony dengan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.