Sukses

5 Wonderkid yang Termahal di Bursa Transfer: Termasuk Rekrutan Baru Manchester United Leny Yoro

Leny Yoro baru direkrut Manchester United dari Lille untuk memperkuat lini pertahanan skuad jelang kampanye 2024/2025. Harga beli Yoro membuat dia kini masuk dalam daftar 5 wonderkid yang didatangkan dengan harga paling mahal di bursa transfer. Simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United mulai mewujudkan ambisinya membongkar skuad besar-besaran di bursa transfer musim panas 2024. Setan Merah baru saja merekrut 2 nama baru untuk menambal sejumlah area dalam tim.

Adalah Joshua Zirkzee yang pertama diangkuat MU dari Bologna. Dia datang melalui kesepakatan senilai 42,5 juta euro dari klub Serie A.

Setelahnya, Manchester United langsung bergerak melakukan penyegaran di area pertahanan. MU memboyong pemain muda asal Prancis Leny Yoro sebagai jawaban atas perginya Raphael Varane yang kehabisan kontrak di Old Trafford musim panas ini.

Menariknya, nama kedua dibeli cukup mahal oleh Setan Merah ketika usianya baru menginjak 18 tahun. Pengawa kelahiran 2005 tampil cukup menjanjikan untuk Lille musim lalu, sehingga MU harus berupaya keras mengalahkan Real Madrid untuk mendapatkan jasanya.

Dengan biaya transfer di atas 50 juta euro, Leny Yoro praktis masuk dalam jajaran 5 wonderkid yag dibeli paling mahal dalam sejarah sepak bola. Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kylian Mbappe (AS Monaco ke PSG)

Nama pertama yang menghuni daftar wonderkid termahal yang dibeli klub ialah Kylian Mbappe. Rekor ini tercipta ketika dia didatangkan dari As Monaco ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2018.

Football Transfers mencatat, Les Parisiens ketika itu harus menggelontorkan dana fantastis senilai 180 juta euro demi menyegel kepindahannya.

Bintang Timnas Prancis semula cuma didatangkan ke PSG dengan status pinjaman semusim, sebelum kesepakatan itu dipermanenkan akibat adanya kewajiban pembelian.

Kendati demikian, aksi jor-joran Paris Saint-Germain boleh dikata membuahkan hasil. Mbappe tampil begitu gemilang untuk PSG dan berhasil mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnya sejak Maret 2023 usai menyalip rekor Edinson Cavani.

3 dari 6 halaman

2. Joao Felix (Benfica ke Atletico Madrid)

Joao Felix menempati urutan kedua daftar remaja yang dibeli dengan harga termahal oleh klub. Penyerang asal Portugal itu menarik perhatian menyusul bakatnya yang terlihat memukai di Benfica.

Tim LaLiga Atletico Madrid lantas memberanikan diri mengajukan tawaran besar demi mengangkut Felix. Sejumla laporan mengeklaim klub asal Spanyol membayar di kisaran 126 juta euro demi mendatangkan sang penggawa ke markasnya pada 2019 silam.

Sayangnya, Felix pada akhirnya cuma menjadi semacam surplus di Atletico Madrid, dengan pihak klub bergiliran meminjamkan dia ke Chelsea dan Barcelona sejak bursa transfer Januari 2023.

4 dari 6 halaman

3. Matthijs de Ligt (Ajax ke Juventus)

Matthijs de Ligt berhak menempati urutan ketiga remaja termahal yang dibeli klub sepak bola setelah Kylian Mbappe dan Joao Felix.

Predikat ini diperoleh pemain asal Belanda berkat kepindahan yang memakan biaya transfer 85,5 juta euro (sudah termasuk bonus 10,5 juta euro) dari Ajax Amsterdam menuju Juventus pada 2019 silam.

Adapun Matthijs de Ligt saat ini sudah pindah klub dan bermain untuk Bayern Munchen. Namanya masuk dalam daftar incaran Manchester United untuk direkrut lewat bursa transfer musim panas 2024.

5 dari 6 halaman

4. Leny Yoro (Lille ke Manchester United)

Seperti dipaparkan sebelumnya, Leny Yoro merupakan wonderkid yang baru saja pindah ke Manchester United. Usianya baru menginjak 18 tahun ketika dibawa bertolak dari Lille menuju Old Trafford.

Football Transfers menempatkan Yoro sebagai penghuni peringkat 4 dalam daftar remaja termahal yang dibeli klub sepak bola. Hal itu lantaran transfer Yoro ke klub Liga Inggris diklaim memakan dana hingga sekitar 70 juta euro, jika dihitung dengan add-ons dan biaya lainnya.

6 dari 6 halaman

5. Romeo Lavia (Southampton ke Chelsea)

Romeo Lavia ada di urutan kelima wonderkid paling mahal yang dibeli klub di bursa transfer. Dia baru menghabiskan satu musim di Southampton, sebelum Chelsea memutuskan membeli pemain asal Belgia kelahiran 2004 pada musim panas tahun lalu.

Football Transfers mencatat kepindahan Romeo Lavia dihargai 62,1 juta euro. Hal itu membuat nilai transfernya sedikit lebih tinggi ketimbang Anthony Martial yang direkrut MU dari AS Monaco dengan total biaya 60 juta euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.