Sukses

Didukung Pangkostrad, Indonesia Pingpong League 2024 Diikuti 24 Klub

IPL Seri 1 akan berlangsung pada 25-28 Juli di Oemar Basri Syaaf Hall yang berada di Mako Koarmabar, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta- Untuk membangkitkan kembali gairah olahraga tenis meja di Indonesia bakal digelar Indonesia Pingpong League (IPL) 2024. Ajang yang didukung Pangkostrad TNI AD Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa ini berbentuk liga yang terdiri dari tiga divisi.

"Kedepannya kita pecinta tenis meja ingin ada perubahan menuju kemajuan dimana pembinaan tenis meja bisa kekinian dengann liga ping-pong ini seperti sepak bola dan voli. Menurut kami konsep liga ini bisa menjadi cara baru atau metode baru untuk meningkatkan olahraga pingpong ini," ucap Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

IPL 2024 akan diikuti 24 klub dari berbagai daerah di Indonesia. IPL 2024 terdiri dari tiga seri dan grand final. IPL Seri 1 akan berlangsung pada 25-28 Juli di Oemar Basri Syaaf Hall, Jakarta. Event ini bisa disaksikan gratis untuk pencinta pingpong. Hanya final saja yang dipunggut biaya.

Turnamen Pra IPL ini akan menghasilkan tiga divisi, yakni Divisi Elite, Divisi 1, dan Divisi 2. Nantinya Divisi Elite akan dihuni tim-tim juara di masing-masing pool. Sementara Divisi 1 diikuti runner-up dari masing-masing pool.

Adapun Divisi 2 terdiri dari peringkat ketiga dari masing-masing pool putaran kedua nantinya akan berlangsung di lokasi yang sama pada 11-13 Juli. Sementara putaran ketiga akan digulirkan pada 8-10 November 2024. Untuk Grand Final rencananya digelar GBK Basket Hall Jakarta pada 6-8 Desember.

Ketua Panitia IPL 2024 Yon Mardiono berharap IPL bisa jadi oase di tengah minimnya kompetisi tenis meja Tanah Air. Terlebih sistem kompetisi mengadopsi liga-liga top Eropa. Mantan atlet tenis meja nasional itu juga berharap IPL bisa melahirkan database atau rujukan atlet yang layak masuk pelatnas Indonesia.

"Terinspirasi dari liga-liga tenis meja top Eropa seperti Swedia dan Jerman, maka IPL akan menerapkan tiga seri reguler dan satu seri grand final. Visi dan misi dari IPL sebetulnya simpel, menjadi ruang kompetisi tenis meja di Indonesia yang mempunyai database. Jadi, butuh satu kompetisi profesional untuk bisa menginformasikan database atlet baik dari segi ranking dan market," kata Yon Mardiono.

"Selain itu, liga ini juga bisa jadi tolok ukur perkembangan klub-klub yang ada di Indonesia sekarang sudah seperti apa," ujar Yon Mardiono melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Ketat untuk Klub

IPL 2024 menerapkan syarat ketat bagi klub-klub peserta. Setiap klub peserta wajib memiliki tempat latihan, struktur kepengurusan, hingga kontrak resmi dengan pemain.

"Klub wajib melakukan kontrak terhadap para atletnya selama 1 musim kompetisi (6 bulan) sehingga tidak dapat terjadi perpindahan atlet saat satu musim berjalan."

"Klub juga wajib mengikat atlet dengan menunjukan surat kontrak atau beasiswa, maupun gaji dengan nilai minimal Rp2 juta dan maksimal Rp25 juta setiap bulannya," terang Yon Mardiono.

Atlet nasional tenis meja Novida Wida Rahman juga menyambut baik kehadiran liga ini. "Semoga IPL 2024 ini bisa menjadi barometer untuk tenis meja nasional," tutur Novida.

Selain itu, IPL 2024 juga didukung Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum KONI Letnan Jendral TNI (Purn) Marciano Norman, dan Pangkostrad TNI AD Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa sebagai penanggung jawab.

3 dari 3 halaman

Daftar Klub Peserta :

1. ONIC (Jakarta)

2. Stoni Kota (Bekasi)

3. Jasa Raharja Putra (Jakarta)

4. GMO (Jakarta)

5. AIF Jakarta)

6. Trimitra (Sidoarjo)

7. PTM Sukun (Kudus)

8. Zakhwan (Bekasi)

9. SCM (Lampung)

10. Pitstop (Palembang)

11. Arwana Citra (Tangerang)

12. Gree One (Cimahi)

13. Go Pasundan (Cimahi)

14. Arwana Jaya (Tangerang)

15. Champions Table Tennis School (Pangkalpinang)

16. AAPC Pontianak (Pontianak)

17. PTM Praya (Bekasi)

18. NPCI (Solo)

19. Onic Academy (Jakarta)

20. RF Solo (Solo)

21. Sukun Academy (Kudus)

22. Ancol Barat (Jakarta)

23. MHN Sport (Kalimantan Selatan)

24. PTM Somplak (Kota Bekasi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini