Sukses

Juara Piala AFF U-19 2024, Indra Sjafri Tegaskan Target Sebenarnya Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menegaskan hal yang menjadi target utama dan sebenarnya buat Garuda Muda usai mengunci gelar juara Piala AFF U-19 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri menegaskan hal yang menjadi target utama dan sebenarnya buat Garuda Muda usai mengunci gelar juara Piala AFF U-19 2024. 

Alih-alih berpuas dengan kemenangan di turnamen muda Asia Tenggara, juru taktik berusia 61 tahun mengeklaim pihaknya punya mimpi lebih besar meloloskan Timnas Indonesia U-19 dari kualifikasi Piala Asia U-20 2025. 

Seperti diketahui, pasukan muda Merah Putih memang baru saja menjadi kampiun di tanah sendiri menyusul kemenangan atas Thailand dalam partai final ASEAN U-19 Boys Championship yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (29/7/2024) malam WIB. 

Timnas Indonesia U-19 unggul 1-0 berkat gol tunggal yang dicetak Jens Raven di babak pertama. Hasil ini sekaligus menandai kali kedua Indra Sjafri mengantar tim Merah Putih menjuarai turnamen serupa di Surabaya. 

Sebelumnya, pelatih asal Sumatra Barat itu juga pernah mencetak prestasi yang sama kala memimpin Evan Dimas dan kawan-kawan tampil di Piala AFF U-19 pada 2013 silam. 

Terlepas dari kemenangan bersejarah itu, Indra Sjafri menegaskan bahwa trofi Piala AFF U-19 2024 bukanlah target sebenarnya buat Timnas Indonesia. Ajang ini sebenarnya hanya menjadi batu loncatan Garuda Muda sebelum ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang berlangsung mulai September mendatang.

"Tentu trofi dan medali ini untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang 7 bulan, mulai dari Januari. (Namun) seperti yang kami sampaikan di awal, targetnya bukan AFF, melainkan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia," ucap Indra dalam konferensi pers selepas pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masuk Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-19 masuk dalam grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Skuad racikan Indra Sjafri harus bersaing dengan tiga negara lain, yakni Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. 

Hanya 10 juara grup dan 5 runner-up terbaik yang akan mendapat tiket otomatis menuju putaran final di China tahun depan. Adapun sebelum terjun dalam perhelatan tersebut, Timnas Indonesia U-19 akan lebih dulu memanaskan mesin lewat uji coba di Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Grup A: Vietnam, Suriah, Bangladesh, Bhutan, Guam 

Grup B: Uzbekistan, Bahrain, Taiwan, Kamboja, Nepal 

Grup C: Korea Selatan, Lebanon, Uni Emirat Arab, Kuwait, Kepulauan Mariana Utara

Grup D: Australia, Arab Saudi, Palestina, Afghanistan, Makau 

Grup E: Tajikistan, Oman, Malaysia, Srilanka, Korea Utara 

Grup F: Indonesia, Yaman, Timor Leste, Maladewa 

Grup G: Iran, Mongolia, India, Laos 

Grup H: Irak, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam 

Grup I: Jepang, Kirgistan, Myanmar, Turkmenistan 

Grup J: Yordania, Qatar, Singapura, Hong Kong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.