Sukses

Timnas U-19 Didominasi Pemain Liga 1, Erick Thohir Sebut Indonesia Banyak Miliki Bibit Muda Potensial

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut timnas muda yang terdiri dari pemain pelapis, tak hanya punya skill bagus, tapi juga memiliki mental juara.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF U-19 2024. Kesuksesan tim Garuda Muda ini langsung mendapat apresiasi dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Terkait keberhasilan ini, Erick Thohir menilai dengan komposisi timnas U-19 yang didominasi para pemain dari klub-klub di Liga 1 menunjukkan bahwa Indonesia dibekali bibit-bibit muda potensial.

"Jadi kita kembali, paling tidak punya talenta-talenta yang bisa memperkuat kehidupan tim nasional kita. Karena pasti kan tim nasional pun ada yang nanti umurnya lebih tua lagi dan lain-lain. Mudah-mudahan sebagai bagian bagaimana sepak bola itu memang harus dibangun dari bawah, tidak hanya dari atas," jelasnya.

Selain itu, Erick Thohir juga merasa optimistis akan keberadaan pelapis timnas yang kuat di masa depan. "Alhamdulillah, setelah terakhir juara tahun 2013, atau 11 tahun yang lalu, timnas muda yang terdiri dari pemain pelapis, tak hanya punya skill bagus, tapi juga memiliki mental juara. Jadi, luar biasa," kata Ercik yang nonton langsung perjuangan Kadek Arel dkk.

Seperti diketahui, Tim Merah Putih U-19 asuhan Indra Sjafri jadi juara usai menang tipis 1-0 atas Thailand pada laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024). Gol penentu kemenangan Indonesia dicetak penyerang Jens Raven.

"Dan saya senang kemarin U-16 kita di ASEAN juga mestinya bisa. Paling tidak U16 bisa final cuma belum, sekarang U19-nya juara," ujar Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatih Timnas Indonesia di Final Lakukan Perubahan Skuad

Dalam laga final kontra Thailand, pelatih Indra Sjafri melakukan perubahan skuad. Ia memainkan Welber Jardim sebagai starter di pertandingan kali ini. Dia bertandem dengan gelandang Muhammad Kafiatur, sementara Figo Dennis dicadangkan.

Untuk lini serang, Jens Raven jadi pilihan utama sebagai ujung tombak sedangkan M Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan beroperasi di posisi winger.

Formasi ini berbuah manis di babak pertama. Pada menit ke-17, Jens Raven mencetak gol memanfaatkan sepak pojok. Indonesia unggul 1-0 atas Thailand. Skor itu bertahan hingga akhir babak kedua.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Percaya Diri Bisa Lolos ke Piala Asia

Ungkapan kebahagiaan juga diutarakan Indra Sjafri usai pertandingan. “Pertama, saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah, SWT karena tahun kemarin ada medali emas SEA Games 2023, tahun ini 2024, ada Piala AFF U-19," ucapnya.

"Dan tentu untuk saya, itu menjadi motivasi agar berbuat yang lebih baik lagi,” kata Indra pada sesi jumpa pers usai laga.

“Yang kedua tentu ini trofi dan medali untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang tujuh bulan ya, dari mulai Januari. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.