Sukses

Profil Jens Raven, Pencetak Gol Kemenangan Timnas Indonesia U-19 di Final Piala AFF U-19 2024

Jens Raven jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-19 di final Piala AFF U-19 2024. Simak profil lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 baru saja mendulang prestasi di ajang Piala AFF U-19 2024. Skuad racikan Indra Sjafri keluar sebagai kampiun usai menaklukkan Thailand dalam laga final di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Senin (29/7/2024) malam WIB. 

Adalah Jens Raven yang jadi bintang kemenangan Garuda Muda dalam partai perebutan gelar juara tersebut. Dia mencetak gol tunggal pada menit ke-16 untuk membawa Timnas Indonesia U-19 unggul 1-0 atas Gajah Muda.

Capaian itu sekaligus membuat Raven mengemas total 4 gol untuk skuad racikan Indra Sjafri sepanjang kompetisi dan didaulat sebagai Man of The Match di laga final. 

Pesepak bola berusia 18 tahun juga nyaris menjadi top skorer Piala AFF U-19 2024, dengan dia hanya tertinggal 1 angka dari pemain Australia Jake Najdovski yang dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak turnamen. 

Buntut dari penampilannya yang impresif, masa depan Jens Raven di tim nasional pun mulai menjadi spekulasi. Dia dinilai cukup berpeluang dipanggil memperkuat skuad senior, meski sang pemain untuk saat ini merasa lebih ingin fokus pada kelompok umur. 

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya ingin berjalan selangkah demi selangkah. Saya sangat senang karena saya merasa sudah ada di posisi yang tepat saat ini, dengan tim U-19 dan U-20. Saya pikir kami masih punya beberapa target yang ingin dicapai bersama tim U-20, jadi saya ingin fokus pada apa yang ada di sini" ujar Jens Raven ketika ditanya soal prospeknya lompat ke tim senior. 

"Jika saya mendapat kesempatan untuk tampil di tim senior atau U-23, itu akan jadi kehormatan yang luar biasa. Namun, untuk sekarang fokus saya masih terletak pada turnamen U-19 dan U-20," tambah dia. 

Simak profil lengkap Jens Raven yang jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-19 di final Piala AFF U-19 2024 melawan Thailand pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Jens Raven

Jens Raven lahir di Belanda pada 12 Oktober 2005. Dia baru menginjak usia 18 tahun ketika melesakkan gol penentu kemenangan Garuda Muda dalam laga puncak ASEAN U-19 Boys Championship 2024 pada Senin (29/7/2024) malam WIB.

Raven sendiri sebelumnya menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada akhir Juni lalu.

Dia berhak memperkuat Merah Putih sebab memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta. Gelar juara Piala AFF U-19 2024 pun menandai trofi pertamanya sejak menjadi penggawa tim nasional Tanah Air.

3 dari 4 halaman

Posisi Jens Raven dan Kiprahnya di Klub

Menilik kiprahnya di level klub, Jens Raven saat ini memperkuat skuad U-21 tim Belanda, Dordrecht. Dia sebelumnya pernah meniti karier bersama klub lain di negara kelahirannya, yakni Nootdorp Jeugd dan SV Nootdorp, pada musim 2022/2023. 

Kehadiran Jens Raven tak ayal menjadi suntikan berharga buat Timnas Indonesia U-19. Pasalnya sebagai pemain yang berkiprah di Eropa, pemuda berusia 18 tahun mampu menjadi sosok penyerang andal yang juga punya kapabilitas bertahan dengan baik. 

Raven pun piawai dalam melakukan dribbling dan menjaga bola tetap dalam penguasaannya. Kualitas ini terlihat ketika dia memperkuat Garuda Muda dalam Piala AFF U-19 2024, di mana Raven kerap kali mampu menembus lini pertahanan lawan meski dibayangi beberapa pemain bertahan.

4 dari 4 halaman

Perkuat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Dengan kualitasnya yang mumpuni, Jens Raven juga berpeluang besar tetap diikutsertakan dalam skuad racikan Indra Sjafri untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 mulai September mendatang.

Skuad Garuda Muda sebelumnya sudah dipastikan masuk dalam grup F dengan Yaman, Maladewa, serta Timor Leste dalam perhelatan tersebut. Dari total 10 grup yang ada, hanya juara di masing-masing grup ditambah 5 runner-up terbaik yang berhak melaju ke putaran final kompetisi.

Rencana pemusatan latihan sudah disiapkan pelatih demi memanaskan mesin timnas muda Indonesia. Menurut Indra Sjafri, skuad Garuda Muda nantinya juga akan berangkat ke Korea guna melakukan uji coba bersama Argentina, Thailand, dan Korea sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.