Sukses

Juara Piala AFF U-19 2024, Timnas Indonesia Segera Gelar TC dan Uji Coba untuk Kualifikasi Piala Asia U-20

Timnas Indonesia U-19 langsung dinanti jadwal padat usai menjuarai Piala AFF U-19 2024. Skuad racikan Indra Sjafri dijadwalkan menjalani pemusatan latihan (TC) dan uji coba guna memanaskan mesin jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2024.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 langsung dinanti jadwal padat usai menjuarai Piala AFF U-19 2024. Skuad racikan Indra Sjafri dijadwalkan menjalani pemusatan latihan (TC) dan uji coba guna memanaskan mesin jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Seperti diketahui, Garuda Muda baru saja mendulang prestasi dalam turnamen sepak bola muda Asia Tenggara yang digelar di Surabaya pada 17 hingga 29 Juli 2024. 

Pasukan Merah Putih keluar sebagai kampiun usai mengalahkan Thailand dengan 0-1 berkat gol tunggal Jens Raven di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (29/7/2024) malam WIB.

Hasil itu sekaligus mengulangi pencapaian Timnas Indonesia U-19 11 tahun silam, ketika menjadi juara di Piala AFF U-19 2013. Kala itu, Indra Sjafri turut memimpin Garuda muda yang diperkuat Evan Dimas dkk.

Terlepas dari keberhasilan tersebut, pelatih timnas U-19 ogah berpuas diri. Indra Skafri menilai, target sesungguhnya buat Garuda Muda adalah tiket putaran final Piala Asia U-20 2025. 

"Tentu trofi dan medali ini untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang 7 bulan, mulai dari Januari. (Namun) seperti yang kami sampaikan di awal, targetnya bukan AFF, melainkan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025," ucap Indra dalam konferensi pers selepas pertandingan, Senin (29/7/2024). 

"Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia. Kami sangat yakin," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan TC dan Uji Coba

Adapun demi mewujudkan misi tersebut, Indra Sjafri mengeklaim PSSI telah merancang jadwal padat bagi Timnas Indonesia U-19 selepas Piala AFF U-19 2024.

Tak hanya menjalani pemusatan latihan alias TC, Jens Rave dan kawan-kawan nantinya akan dikirim menjalani uji coba di luar negeri.

"Persiapan kualifikasi AFC, tanggal 11 kami sudah mulai TC lagi, dan kita akan berangkat ke Korea, uji coba dengan Argentina, Thailand, dan Korea," beber Indra kepada awak media. 

"Kalau tidak salah di tanggal 29 kami akan berangkat lebih cepat, lebih awal. Tapi tanggal pastinya masih dikoordinasikan dengan PSSI," tambah dia dalam konferensi pers pasca laga final Piala AFF U-19 2024 melawan Thailand.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2024

Grup A: Vietnam, Suriah, Bangladesh, Bhutan, Guam 

Grup B: Uzbekistan, Bahrain, Taiwan, Kamboja, Nepal 

Grup C: Korea Selatan, Lebanon, Uni Emirat Arab, Kuwait, Kepulauan Mariana Utara

Grup D: Australia, Arab Saudi, Palestina, Afghanistan, Makau 

Grup E: Tajikistan, Oman, Malaysia, Srilanka, Korea Utara 

Grup F: Indonesia, Yaman, Timor Leste, Maladewa 

Grup G: Iran, Mongolia, India, Laos 

Grup H: Irak, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam 

Grup I: Jepang, Kirgistan, Myanmar, Turkmenistan 

Grup J: Yordania, Qatar, Singapura, Hong Kong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.