Sukses

Pelita Jaya Percaya Diri Tuntaskan Dendam pada Satria Muda di Final IBL 2024

Pelita Jaya selalu kalah di tiga final IBL dalam tiga musim terakhir. Dua diantaranya bahkan saat melawan Satria Muda.

Liputan6.com, Jakarta- Dua klub Jakarta, Pelita Jaya dan Satria Muda, akan bentrok di final IBL 2024 yang berlangsung 1, 2 dan 3 Agustus 2024. Pelita Jaya dibayangi rekor buruk di partai final IBL. Mereka tiga musim beruntun selalu keok di partai puncak.

Musim lalu Pelita Jaya kalah dari Prawira Bandung 0-2. Sedangkan pada musim 2021 dan 2022, PJ keok dari Satria Muda di final. Secara keseluruhan, Pelita Jaya sudah tiga kali kalah dari SM di final IBL sejak menjadi juara di musim 2017.

Final IBL 2017 menjadi satu-satunya partai final IBL yang bisa dimenangi Pelita Jaya bila bertemu Satria Muda. Kutukan ini coba diputus Pelita Jaya di final IBL 2024. Tim asuhan Johannis Winar percaya diri bisa menjadi juara lagi tahun ini.

Perbedaan komposisi pemain dibanding musim sebelumnya membuat pemain andalan Pelita Jaya Andakara Prastawa cukup percaya diri. Pasalnya di musim ini PJ diperkuat Brandon Jawato dan Anthony Beane. Ditambah pemain asing yang berkualitas.

Apalagi pencapaian Pelita Jaya di musim reguler juga lebih baik dari Satria Muda. Pelita Jaya berada di urutan dua, sedangkan Satria Muda finis di posisi lima. Oleh karena itu di final nanti, PJ bisa mendapat keuntungan memainkan dua laga kandang, sedangkan Satria Muda cuma sekali.

"Dari saya pribadi tim lebih siap mental dan lainnya. Ada Brandon, dll. Banyak yang bisa dishare pengalaman-pengalaman mereka. Banyak faktor kesolidan tim," ujar Prastawa dalam jumpa pers di Senayan Park, Selasa (30/7/2024) siang WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prastawa Siap Lupakan Kegagalan di 3 Final IBL Terakhir

Prastawa meminta rekan-rekannya untuk tidak banyak membuat kesalahan di final IBL 2024 dan melupakan hasil tiga final sebelumnya yang berakhir kelabu. Sedikit saja kesalahan bisa dihukum oleh SM yang memiliki banyak pemain berpengalaman.

"Pelita Jaya gak boleh lengah sedikit pun. Lupain tiga final kemarin. Ini final yang baru. Kita tahu ada pemain bagus, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita, Juan Laurent, Widyanta Putera Teja. Jadi kami ada scouting report masing-masing gimana jaganya, tinggal lihat di prtandingan nanti," tegas Prastawa.

3 dari 3 halaman

Pelita Jaya Tandang Lebih Dulu

Pada laga pertama IBL Final 2024, Pelita Jaya harus tandang ke markas Satria Muda di Britama Arena pada 1 Agustus 2024. Kemudian mereka akan ganti menjamu Pelita Jaya pada 3 Agustus di Indoor Stadium SC, Tangerang. Jika dibutuhkan game ketiga maka juga akan digelar di Indoor Stadium SC, Tangerang sehari kemudian.

Pertemuan Pelita Jaya dengan Satria Muda di final IBL akan menjanjikan laga super seru dan sengit. Saat musim reguler IBL 2024, rekor pertemuan keduanya imbang 1-1. Namun Satria Muda dalam performa terbaiknya. Mereka cuma kalah sekali sejak perombakan besar-besaran di jajaran pemain asing dan pelatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini