Sukses

3 Prestasi Apik Indra Sjafri di Timnas Indonesia, Selain Juara Piala AFF U-19 2024

Pelatih Indra Sjafri kembali mencuri perhatian dengan keberhasilannya membawa Timnas Indonesia U-19 meraih prestasi gemilang di ajang internasional. Keberhasilannya ini menegaskan posisinya sebagai salah satu pelatih terbaik di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih Indra Sjafri kembali memberikan gelar juara untuk timnas Indonesia. Yang terbaru pada 29 Juli 2024, pria asal Sumatera Barat itu membawa timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pada laga final, timnas Indonesia U-19 menang tipis 1-0 atas Thailand. Gol tunggal kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh penyerang Jens Raven pada babak pertama. Raven menyontek sundulan bek tengah Kadek Arel.

Dengan demikian Indonesia sukses menjuarai Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya. Yang mencengangkan, kedua trofi Piala AFF U-19 milik timnas Indonesia semuanya diraih saat dipoles oleh seorang Indra Sjafri.

"Tentu trofi dan medali ini untuk para pemain yang berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang 7 bulan, mulai dari Januari. (Namun) seperti yang kami sampaikan di awal, targetnya bukan AFF, melainkan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia," ucap Indra dalam konferensi pers selepas pertandingan.

Trofi Piala AFF U-19 2024 menambah panjang daftar prestasi Indra Sjafri bersama timnas Indonesia, terutama di level kelompok umur. Berikut 3 prestasi luar biasa eks pelatih Bali United itu selain juara di Piala AFF U-19 2024:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juara Piala AFF U-19 2013

Indra Sjafri mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara di Piala AFF U-19. Prestasi gemilang ini tercipta pada tahun 2013 bersama Evan Dimas Darmono.

Ketika tim asuhannya berhasil mengalahkan Vietnam U-19 melalui drama adu penalti di partai final. Kemenangan ini tidak hanya mengharumkan nama Indra Sjafri, tetapi juga meningkatkan pamor Timnas Indonesia U-19 di mata pencinta sepakbola Tanah Air.

Sejak saat itu, perhatian publik terhadap tim kelompok umur ini semakin besar, bersaing dengan popularitas Timnas Indonesia senior.

3 dari 4 halaman

Juara Piala AFF U-22 2019

Indra Sjafri dikenal sebagai sosok yang penuh dengan berbagai pencapaian pertama. Ia juga mencatatkan namanya sebagai pelatih pertama yang berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara di Piala AFF U-22 di tahun 2019.

Dalam pertandingan final yang menegangkan melawan Thailand U-22, Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Gol-gol kemenangan skuad Garuda Muda saat itu dicetak oleh Osvaldo Haay.

4 dari 4 halaman

Juara SEA Games 2023

Setelah penantian panjang selama 32 tahun, akhirnya Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games. Timnas Indonesia U-22 yang dipimpin oleh Indra Sjafri berhasil menjadi juara SEA Games 2023.

Pada partai final Indonesia mengalahkan Thailand U-22 dengan skor meyakinkan 5-2 di pertandingan final. Pertandingan berlangsung keras dan panas. Indonesia akhirnya menang melalui perpanjangan waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.