Sukses

Hasil Sepak Bola Olimpiade 2024: Gulung Guinea 3-0, Amerika Serikat Susul Prancis ke Perempat Final

Amerika Serikat menyusul Prancis ke perempat final sepak bola Olimpiade 2024. Mereka bakal menghadapi Maroko di 8 besar nanti.

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat berhasil menyegel tiket perempat final sepak bola Olimpiade 2024 usai menang 3-0 atas Guinea pada laga terakhir grup A di stadion Geoffroy Guichard, Rabu (31/7/2024). Tiga gol AS dicetak oleh Djordje Mihailovic dan Kevin Paredes (2).

Kemenangan ini memantapkan posisi dua AS di klasemen grup A sepak bola Olimpiade 2024. AS bakal menghadapi Maroko di laga perempat final nanti.

Jalannya Pertandingan

Amerika Serikat mendapatkan dua peluang sekaligus di menit ke-10. Peluang dari Kevin Paredes menit ke-9 dan Nathan Harriel sama-sama bisa diamankan kiper Guinea Sylla.

Amerika Serikat akhirnya unggul 1-0 di menit ke-14. AS unggul berkat gol Djordie Mihailovic lewat tendangan bebas yang mengarah ke tiang jauh sebelah kanan.

Ginea mencoba buka peluang lewat Aliou Balde di menit ke-21. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa diblok.

Kevin Paredes membuat skor jadi 2-0 untuk Amerika Serikat. Manfaatkan umpan terobosan dari Paxten Aaronson di menit ke-31, dia berhasil melepas tendangan kaki kiri yang sempurna.

Ilaix Moriba mencoba peruntungannya di menit ke-41. Kali ini, tendangan kaki kanannya juga masih bisa diamankan Schulte sehingga skor tetap 2-0 untuk AS.

Hingga babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk Amerika Serikat atas Guinea masih bertahan. Bagaimana babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Amerika Serikat vs Guinea

Guinea belum menyerah lawan Amerika Serikat. Ilaix Moriba buka peluang negara yang kalahkan Indonesia di playoff ini di menit ke-53, tapi tembakannya masih bisa diamankan kiper AS.

Di sisi lain, AS juga membuka peluang cetak gol lagi lewat Nathan Harriel. Sundulannya di menit ke-60 hasil umpan Jack McGlynn masih terlalu tinggi dari gawang.

Amerika Serikat semakin susah dikejar Guinea. AS mencetak gol ketiganya usai tembakan Kevin Paredes mengubah skor jadi 3-0 di menit ke-75.

Guinea seperti kekurangan kreativitas. Hanya tembakan jarak jauh seperti yang dilakukan Naby Oulare di menit ke-79, tapi gagal mencapai target.

Tenner Tessmann nyaris saja mencetak gol lagi untuk AS. Namun sundulannya hasil umpan Jack McGlyn masih melebar.

Aliou Balde mencoba peruntungan dengan tembakan dari ruang sempit di menit ke-90+3. Namun lagi-lagi itu masih bisa ditepis. Guinea gagal mencetak gol di laga ini sehingga dipastikan gagal melaju dan harus puas berada di posisi buncit. Hingga pertandingan berakhir, AS berhasil jaga skor 3-0.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Amerika Serikat vs Guinea

Amerika Serikat (4-3-3): 1 Schulte; 2 Harriel, 12 Robinson, 3 Zimmerman, 5 Tolkin; 8 Tessmann, 4 Dietz,14 Mihailovic; 7 Paredes, 11 Aaronson, 9 Yow

Guinea (3-4-3): 1 Sylla; 3 Cisse, 4 Soumah, 13 Keita; 7 Balde, 16 Toure, 6 Diawara, 14 Diallo; 8 Keita, 12 Bah, 10 Moriba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.