Sukses

Hasil AVC U-20 2024: Timnas Voli Indonesia Peringkat Empat, Iran Pertahankan Gelar Juara

Timnas Voli Indonesia menduduki peringkat empat Kejuaraan Voli Asia U-20 2024 setelah kalah dari Jepang. Sementara itu, Iran mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Voli Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Jepang pada Kejuaraan Voli Asia U-20 2024. Kali ini, Krisna dan kawan-kawan kalah dalam perebutan peringkat ketiga   dengan skor 1-3 (25-23, 25-27, 18-25, 20-25) di Jawa Pos Arena, Surabaya, Selasa (30/7).

Sebelumnya, Timnas Voli Indonesia juga kalah dari Jepang pada laga perempat final Minggu (28/7) lalu. Ketika itu, pasukan Li Qiujiang tumbang dengan skor 0-3 (26-28, 22–25, 21-25).

Laga Indonesia kontra Jepang berlangsung sengit di set pertama. Lewat Krisna, Farchan, Agustino, dan Dawuda tuan rumah memenangkan set pertama dengan unggul 25-23.

Di set kedua, Indonesia mulai menunjukkan ketangguhannya hingga bisa menjauh 3 angka dari Jepang dengan skor 8-5 melalui Fahril, Agustino dan Krisna. Jepang yang tertinggal terus mencoba memburu poin melalui Ono, Shirono, dan Bito hingga mampu menyamai skor menjadi 13-13.

Indonesia mampu menyalip lagi melalui kecerdikan Fahril, blok dari Darda dan spike Dawuda serta Krisna. Tim tuan rumah bisa membalikkan skor menjadi 20-19.

Poin Indonesia terus dikejar oleh Jepang lewat Yamashita, Ono dan Shirono. Sehingga Jepang dapatmemenangi set kedua dengan skor 27-25 dengan durasi waktu 31 menit.

dI set ketiga, Jepang tidak memberi kesempatan untuk Farchan dkk mengejar poin lewat blok, spike, dan servis yang dibangun oleh anak asuh Ueda Yoshitsugu, Hingga akhirnya menutup set ketiga dengan skor 25-18.

Di hadapan ribuan penontonnya, Indonesia pada set keempat belum bisa menunjukkan permainan seperti pada set pertama. Dawuda, Krisna, dan Darda hanya bisa mengejar ketertinggalan tidak sampai melewati empat poin hingga harus menyerah 20-25 setelah spike Bito masuk di sisi sebelah kiri.

Sementara itu pada perebutan gelar juara, juara bertahan Iran sukses mempertahankan gelar juara. Iran menang atas Korea Selatan pada laga final AVC U-20 2024 dengan skor 3-0 (25-12, 25-18, 25-22).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Puas

Asisten pelatih Timnas Voli Indonesia Joni Sugiyatno mengaku belum puas dengan raihan peringkat keempat dalam Kejuaraan Voli Asia U-20 2024. Namun, lanjutnya, yang terpenting target lolos ke Kejuaraan Dunia U-21 tahun depan sudah tercapai.

"Ya tidak puas. Tapi yang penting target kita sudah tersampai dulu dan kami sudah berusaha maksimal, tapi yang terpenting kami sudah berusaha maksimal," ucapnya.

Selain itu, tambah Joni, secara statistik juga meningkat karena bisa menang satu set saat melawan Jepang."Kemarin (perempat final) kami juga sempat kaget waktu ada perubahan strategi dasar, dari bola tinggi ke bola cepat. Sekarang dua-duanya kami analisa. Dari pelatih ke pemain disampaikan, dipraktekan di lapangan, akhirnya bisa mengimbangi," ujarnya.

Meski timnas Indonesia gagal meraih peringkat, tim asuhan Li Qiujiang itu mendapat penghargaan best opposit hitter yang diraih Dawuda Alaihi.

 

3 dari 4 halaman

Kunci Kemenangan Jepang

Sementara itu, pelatih Timnas Voli Putra Jepang Ueda Yoshitsugu mengungkapkan kunci kemenangan timnya atas Indonesia adalah fokus dalam permainan tidak memperdulikan faktor lainnya

"Kami Hanya fokus pada apa yang dilakukan, meski lawan punya penonton, itu tidak penting, fokus saja pada permainan," katanya.

Meski menang dan menduduki peringkat ketiga, dirinya tetap tidak puas karena tujuannya adalah juara. "Kami sama sekali tidak puas. Tujuan kami adalah juara. Tetapi, seperti yang saya katakan, kami punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi kejuaraan dunia," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Peringkat Akhir AVC U-20 2024:

1. Iran

2. Korsel

3. Jepang

4. Indonesia

5. Kazakhstan

6. India

7. China

8. Arab Saudi

9. Thailand

10. Taiwan

11. Australia

12. Hongkong

13. Vietnam

14. Bangladesh

15. Kuwait

16. Qatar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.