Sukses

5 Fakta Menarik ONE Fight Night 24: Brooks Vs Balart

ONE Fight Night 24 menghadirkan 12 pertarungan seru dari Bangkok.

Liputan6.com, Jakarta- ONE Fight Night 24 akan digelar ONE Championship pada Sabtu pagi pekan ini (3/8/2024) dari arena ikonik Lumpinee Stadium di Bangkok, Thailand. Total ada 12 pertarungan menarik yang akan disuguhkan kepada pecinta MMA di seluruh dunia.

Mulai dari petarung muda berbakat hingga veteran serta dua kontes Kejuaraan Dunia dalam empat disiplin olahraga berbeda. Simak lima fakta menarik pada gelaran ONE Fight Night 24.

1. Laga perebutan sabuk Interim MMA kelas jerami

Laga utama akan menghadirkan kembalinya mantan Juara Dunia ONE Strawweight MMA Jarred Brooks yang akan menghadapi petarung tangguh dari Kuba, Gustavo Balart, untuk memperebutkan Gelar Juara Dunia ONE Interim Strawweight MMA.

Brooks meraih sabuk emas pada Desember 2022 lewat aksi nyaris sempurna atas Joshua Pacio. Namun, petarung Amerika itu harus kehilangan sabuknya dalam laga tanding ulang Kejuaraan Dunia melawan Pacio setelah diskualifikasi karena membanting kepala sang bintang Filipina.

Dengan Pacio yang tengah menepi karena cedera lutut, Brooks sebagai kontender teratas divisi berkesempatan meraih sabuk emas dan laga penyatuan Gelar Kejuaraan Dunia nantinya.

Namun, Balart yang adalah mantan pegulat Olimpiade memiliki semua yang dibutuhkan untuk memberi “The Monkey God” kekalahan beruntun dalam MMA.

Terlepas dari pertaruhan besar dalam laga ini, pertemuan Brooks dan Balart akan merepresentasikan pertemuan gaya yang menarik. Mengingat keduanya merupakan sesama pegulat dengan kemampuan striking serta kardio terbaik dalam seni bela diri campuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Laga Kejuaraan Dunia Submission Grappling kelas atom

Di laga pendukung utama, Juara Dunia ONE Women’s Atomweight Submission Grappling Danielle Kelly akan mempertahankan sabuk emasnya untuk pertama kali dari megabintang Brasil Mayssa Bastos dalam laga BJJ kelas dunia.

Kelly meraih Gelar Juara Dunia inagurasi pada September lalu lewat keputusan mutlak atas Juara Dunia IBJJF terkini Jessa Khan, sekaligus memperpanjang raihan tak terkalahkan di ONE serta mengukuhkan diri sebagai salah satu grappler pound-for-pound terbaik di planet ini.

Kini, sang bintang Amerika tengah bersiap untuk laga tersulit dalam kariernya. Sebagai Juara Dunia IBJJF sembilan kali, Bastos yang berusia 26 tahun telah dikenal luas sebagai grappler terbaik di divisi yang lebih ringan, dan ia berharap untuk menambah sabuk emas ONE ke lemarinya yang sarat penghargaan.

3 dari 5 halaman

3. Pesta Muay Thai

Pergelaran di arena legendaris Lumpinee Stadium tak akan lengkap tanpa aksi Muay Thai kelas dunia. Dengan total enam laga Muay Thai, penggemar di Bangkok dan semua penonton dari seluruh dunia akan merasakan pengalaman “seni delapan tungkai” sepenuhnya.

Mantan penantang Gelar Juara Dunia ONE dua kali Felipe Lobo akan mempertaruhkan posisi tiga teratas miliknya di peringkat Muay Thai kelas bantam saat menghadapi petarung bertalenta Nabil Anane, seorang seniman pemburu KO yang disebut akan menjadi masa depan olahraga itu.

Kemudian, penghuni rangking empat flyweight Muay Thai Dedduanglek TDed99 akan melakukan pembalasan atas kompatriotnya Nakrob Fairtex dalam sebuah laga tanding ulang paling dinanti di 2024 sejauh ini.

Gelaran itu akan didahului dengan laga Muay Thai kelas atom antara petarung Hong Kong, Yu Yau Pui, melawan sosok pendatang baru yang lebih berpengalaman, Amy Pirnie.

Yu telah meraih rekor luar biasa 6-0 dalam perjalanan awalnya di ONE demi menantang ratu divisi Allycia Hellen Rodrigues. Namun Pirnie, petarung Muay Thai Inggris terbaik dalam tiga tahun bersiap untuk mencuri momentum lawannya sekaligus menegaskan diri sebagai ancaman bagi siapa pun pemilik mahkota juara di organisasi ini.

4 dari 5 halaman

4. Tampilnya para peraih kontrak ONE Championship

Acara mingguan ONE Friday Fights telah menjadi wadah bagi banyak talenta muda yang tengah naik daun, dan ONE Fight Night 24 juga akan menjadi panggung bagi dua petarung sensasional.

Petarung Filipina tak terkalahkan Carlo Bumina-ang telah menggunakan kemampuan atletis serta mental pemburu penyelesaian miliknya untuk meraih rekor 5-0 di ONE Friday Fights, dan meraih kontrak bernilai miliaran rupiah sebagai petarung global di ONE.

Ia berharap untuk menjaga momentuknya saat berhadapan dengan petarung tangguh Mongolia Enkh-Orgil Baatarkhuu dalam laga bantameight MMA. Kemudian, petarung bertalenta 21 tahun Rambolek Chor Ajalaboon akan berhadapan dengan petarung Irlandia Craig Coakley dalam aksi bantamweight Muay Thai.

5 dari 5 halaman

5. Kembalinya Shamil Gasanov

Pemburu kuncian Dagestan, Shamil Gasanov, memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi Juara Dunia ONE masa depan. Ia pun akan melanjutkan misinya menuju Kejuaraan Dunia MMA ONE Featherweight dengan menghadapi petarung Ekuador berkemampuan lengkap Aaron Canarte.

Menghuni peringkat lima teratas, Gasanov menunjukkan hasil impresif di laga utama ONE Fight Night 18 pada awal tahun ini. Ia sukses mendominasi atlet Korea Selatan Oh Ho Taek lewat teknik grappling dan serangan ground and pound.

Canarte juga bukan sembarang lawan, dan didapuk sebagai salah satu petarung terbaik dari Amerika Latin dalam beberapa tahun ini. Jika bisa memenangi laga pada 3 Agustus mendatang, Gasanov akan memposisikan dirinya untuk laga yang lebih berat melawan sesama penghuni lima besar.

Siaran langsung ONE Fight Night 24 bisa disaksikan lewat Facebook, Youtube, dan Vidio ONE Championship lewat link di bawah ini, dan dimulai dari pukul 07.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini