Sukses

Bikin Tercengang, Kylian Mbappe Beli Klub Kasta Kedua Prancis Caen

Bintang baru Real Madrid Kylian Mbappe dilaporkan baru saja membeli klub Ligue 2 Caen.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang baru Real Madrid Kylian Mbappe sukses membuat publik tercengang akibat aksinya. Pria yang baru saja pindah dari Paris Saint-Germain (PSG) itu kabarnya membeli klub Ligue 2 Caen.

Melansir laporan BBC dan Football Transfers, Mbappe kini jadi pemilik saham mayoritas klub yang berbasis di Normandia. 

Eks pemain Les Parisiens membeli 80 persen saham Caen lewat Coalition Capital—perusahaan investasi di bawah naungan Interconnected Ventures yang dia dirikan.

Kabar menyebut, Mbappe menginvestasikan 15 juta euro atau sekitar Rp264 miliar dari dana pribadinya dalam kesepakatan tersebut.

Adapun dokumen telah ditandatangani pada Selasa (30/7/2024), sedangkan konfirmasi pembeliannya dilakukan beberapa jam kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gantikan Perusahaan Amerika

Dengan pembelian tersebut, Kylian Mbappe melalui Coalition Capital resmi menggantikan pemegang saham mayoritas sebelumnya, yang merupakan perusahaan investasi asal Amerika Serikat Oaktree.

Sementara itu saham minoritas klub saat ini masih menjadi milik Pierre-Antoine Capton. Dia turut menjabat sebagai Presiden serta Dewan Pengawas Klub di Caen. 

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi Stade Malherbe Caen karena dapat mengandalkan Coalition Capital untuk (mendorong) perkembangan kami. Nilai-nilai, komitmen, dan visi olahraga yang luar biasa merupakan aset unik untuk proyek ini," ujar Capton pasca pembelian saham mayoritas pleh kubu Kylian Mbappe, dilansir dari BBC.

3 dari 3 halaman

Kiprah Klub Baru Mbappe

Adapun klub baru yang dimiliki Kylian Mbappe belum berhasil promosi ke Ligue 1 lantaran hanya mampu finis di urutan 6 klasemen akhir Ligue 2 musim lalu.

Mereka akan memulai kampanye baru di kompetisi kasta kedua Prancis dengan menantang Paris FC pada 17 Agustus mendatang. 

Caen sendiri terdegradasi dari kompetisi Ligue 1 pada 2019. Pihak klub pun memandang langkah pembelian saham mayoritas mereka oleh Coalition Capital bakal menandai upaya signifikan dalam pengembangan strategis timnya di masa depan. 

"Transaksi ini menandai langkah signifikan dalam pengembangan strategis klub dan memperkuat ambisi alami kami untuk tetap menjadi salah satu tempat bersejarah dalam sepak bola Prancis," ucap Caen dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari BBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.