Sukses

Kalah di Perempat Final Olimpiade Paris 2024, Fajar/Rian: Kami Kecewa

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti di perempat final Olimpiade Paris 2024. Fajar/Rian pun meminta maaf atas kegagalan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto langkahnya harus terhenti di perempat final Olimpiade Paris 2024. Ini setelah ganda putra Indonesia itu harus mengakui keunggulan Liang Wei Keng/Wang Chang.

Fajar/Rian kalah dari pasangan China itu lewat pertandingan ketat di Porte de la Chapelle Arena, Kamis (1/8) malam WIB. Pasangan dengan akronim Fajri itu takluk 22-24 dan 20-22 dalam waktu 50 menit.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia, PBSI, NOC karena belum bisa melaju ke babak berikutnya," kata Fajar setelah pertandingan Olimpiade Paris.

"Tidak ada atlet yang mau kalah dan kami kecewa," tambah pebulu tangkis berusia 29 tahun tersebut.

Sementara Rian mengatakan dia dan Fajar sudah berusaha bermain maksimal. Akan tetapi, hasil berkata lain.

"Lawan bermain sangat baik," ujarnya. Kami sebenarnya sudah mencoba dengan strategi yang disiapkan, lebih banyak menyerang di game kedua dan kami bisa unggul beberapa poin. Tapi, kami belum bisa menyelesaikan dengan kemenangan."

"Beberapa kali kami kalah di poin-poin seperti ini dengan mereka, itu masih menjadi pekerjaan rumah kami," ujar Rian menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Mudah Bermain di Olimpiade

Fajar/Rian datang ke Olimpiade Paris 2024 dengan sejumlah gelar juara yang sudah dimenangkan, seperti All England 2023 dan 2024. Meski demikian, Rian mengakui tidak mudah bermain di pesta olahraga akbar dunia empat tahunan itu.

Apalagi, ini adalah Olimpiade pertama Fajar/Rian. "Olimpiade pertama ini tidak mudah, kami baru merasakan atmosfernya. Dari awal-awal pun tidak mudah, kami merasakan bagaimana tegangnya pas masuk lapangan," ungkap Rian.

Fajar/Rian mencoba realistis terkait peluang untuk bermain di Olimpiade berikutnya. Karena, usia mereka tak mudah lagi. Fajar kini berusia 29 tahun, sementara Rian satu tahun di bawahnya.

"Memang tidak ada yang tidak mungkin, bisa saja kami bermain di Olimpiade berikutnya. Tapi, kami realistis. Umur kami tidak muda lagi jadi kami patut bersyukur bisa bermain di Olimpiade pertama ini," pungkas Fajar. 

 

3 dari 3 halaman

Wakil Indonesia Sisa Satu

Dengan hasil ini, Indonesia hanya memiliki satu wakil tersisa di cabang olahraga badminton Olimpiade Paris 2024. Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi wakil Korea Selatan Kim Ga-eun, Jumat (1/8) dini hari WIB.

Sebelum Fajar/Rian, empat wakil Indonesia lainnya sudah kandas di penyisihan grup. Mereka adalah tunggaltunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Hasil buruk ini membuat bulu tangkis terancam gagal menjaga tradisi mempersembahkan medali Olimpiade bagi Indonesia yang dimulai sejak 1992. Dalam kurun itu, cabor tersebut hanya sekali gagal merebut medali emas, yakni pada Olimpiade London 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.