Sukses

Kejurnas Angkat Besi Junior di Bandung Jadi Ajang Regenerasi Lifter

123 atlet muda angkat besi dari berbagai daerah ikutan di Kejurnas yang berlangsung di Bandung ini.

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Youth U15 - U17 Pupuk Indonesia 2024 digelar di Bandung, mulai tanggal 1 hingga 4 Agustus 2024 dengan diikuti oleh ratusan atlet di Tanah Air. Ajang ini menjadi kesempatan angkat besi meregenerasi lifter.

Kejurnas Angkat Besi Pupuk Indonesia 2024 ini, merupakan event ketiga yang digelar Pupuk Indonesia Grup sejak tahun 2022. Setidaknya terdapat sejumlah prestasi yang diraih oleh atlet angkat besi antara lain, berhasil meraih 1 medali perak dan 2 medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2021.

Lalu meraih 6 medali emas pada kejuaraan IWF Junior World Championships di Athena Yunani pada bulan Mei 2022, serta meraih 12 medali emas, 7 medali perak, dan 10 medali perunggu pada kejuaraan Islamic Solidarity Games di Konya Turki pada bulan Agustus 2022.

Prestasi yang paling terbaru diraih oleh Kevin Andrian Ramadhan yakni 3 medali emas di kancah internasional tepatnya EGATS CUP, serta 3 medali emas Kejurnas PPLP 2024, 3 medali emas Kejurnas Youth & Junior Pupuk Indonesia Surabaya 2023, dan 3 emas Kejurnas U12-14 2022.

Tahun ini, ada sebanyak 123 atlet yang berkompetisi. Mereka berasal dari 31 Pengurus Provinsi (Pengprov), Pengurus Kota (Pengkot), Pengurus Kabupaten (Pengkab) PABSI, serta klub.

Ada 12 kelas remaja putra dan putri dipertandingkan, diantaranya Kelas 40 Kg, Kelas 45 Kg, Kelas 49 Kg, Kelas 49 Kg, Kelas 55 Kg, Kelas 59 Kg, dan Kelas +59 Kg di bagian putri. Sementara di bagian putra mempertandingkan Kelas 49 Kg, Kelas 55 kg, Kelas 61 Kg, Kelas 67 Kg, Kelas +73 Kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alumni Kejurnas Angkat Besi Sudah Berprestasi Dunia

"Alhamdulillah, beberapa atlet jebolan Kejurnas Angkat Besi Senior Pupuk Indonesia 2023, Nurul Akmal, Eko Yuli Irawan, dan Rizki Juniansyah mewakili Indonesia dalam Olimpiade 2024, yang kita harapkan bisa meraih emas untuk merah putih. Semoga ini memotivasi atlet angkat besi tanah air lainnya," kata Direktur SDM Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Angkat Besi (PB PABSI) Djoko Pramono menyambut baik dukungan untuk Kejurnas Junior ini. Menurutnya kegiatan ini bagus untuk menghasilkan bibit atlet potensial yang diharapkan nanti menjadi juara dunia dan menjadi atlet yang merebut Olimpiade masa mendatang.

3 dari 3 halaman

Animo Besar Peserta

Menurut Djoko, kejurnas merupakan bagian pembinaan jangka panjang yang memerlukan pendekatan khusus untuk menjalin talenta muda melalui pemanfaatan sports science yang terukur di bawah kendali bagian Bina Prestasi PB PABSI.

Karena itu, kegiatan ini perlu dukungan anggaran yang besar agar pelaksanaan kejurnas sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Terakhir, Djoko mengatakan atensi di setiap daerah untuk menciptakan atlet muda potensial semakin menggeliat. Djoko pun berharap agar pelaksanaan kejurnas ini dapat dilanjutkan secara terus-menerus dalam tahun-tahun mendatang.

“Kami sangat senang dan bangga karena animo yang besar dari setiap daerah yang dibuktikan dengan peserta dari hampir seluruh daerah,” ujar Djoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.