Sukses

Hasil Olimpiade Paris 2024: Dramatis, Gregoria Mariska Tunjung ke Perempat Final

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung lolos ke perempat final Olimpiade Paris 2024. Jorji menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung lolos ke perempat final Olimpiade Paris 2024. Tiket tersebut didapat setelah mengalahkan Kim Ga Eun pada babak 16 besar.

Gregoria Mariska Tunjung mengalahkan pebulu tangkis Korea Selatan tersebut melalui pertandingan dramatis selama 55 menit. Dia menang 21-4, 8-21, dan 23-21 di Porte de la Chapelle Arena, Jumat (2/8/2024) dini hari WIB.

Atlet yang akrab dipanggil Jorji tersebut menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Olimpiade Paris. Sebab, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti di perempat final setelah kalah dari wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 22-24 dan 20-22.

Sebelum Fajar/Rian, empat wakil Indonesia lainnya sudah kandas di penyisihan grup. Mereka ialah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di tunggal putra.

Dengan demikian, Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Olimpiade Paris. Dia akan menghadapi wakil Thailand Ratchanok Intanon yang mendapat bye pada babak 16 besar.

Lolosnya Gregoria ke perempat final menjaga asa bulu tangkis untuk meraih medali Olimpiade bagi Indonesia yang dimulai sejak 1992. Dalam kurun itu, cabang olahraga tersebut hanya sekali gagal merebut medali emas yaitu pada Olimpiade London 2012. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalanya Pertandingan

Berlaga di Porte de la Chapelle Arena, Jumat (2/8/2024) dini hari WIB, Gregoria Mariska Tunjung menghadapi Kim Ga Eun dengan penuh percaya diri. Meski tampak terlihat tegang, Jorji bisa memaksa wakil Korea Selatan itu bermain reli dengan kombinasi permainan net dan smes-smes silang.

Setelah skor imbang 2-2, perolehan angka Gregoria terus melesat. Dia meninggalkan Kim Ga Eun dengan 11-2. Usai interval, dominasi Gregoria tak terbendung dan menang mudah dengan skor 21-4,

Memasuki game kedua, situasi berbalik. Gregoria langsung tertinggal 0-4 dari Kim Ga Eun. Dia mencoba untuk mengimbangi permainan lawan, tapi masih tertinggal 4-11 dan akhirnya menyerah 8-21.

Pertandingan ketat terjadi di game ketiga atau penentuan. Gregoria da Kim Ga Eun saling kejar mengejar poin, mulai dari 2-2, 4-7, hingga 8-11.

Gregoria yang tertinggal mampu bangkit usai interval dengan menyamakan skor 11-11. Perolehan poin kembali ketat.

Tunggal putri Indonesia berpeluang memenangkan game ketiga setelah unggul 20-19. Tapi, Kim Ga Eun dapat menyamakan skor 20-20 dan memaksa setting.

Namun, pengembalian Kim Ga Eun yang keluar memastikan Gregoria memangkan laga dramatis ini dengan skor 23-21.

3 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024, Kamis 1 Agustus

Ganda Putra:

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China) 22-24, 20-22.

Tunggal Putri:

Gregoria Mariska Tunjung vs Kim Ga Eun (Korea Selatan) 21-4, 8-21, 23-21.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.