Sukses

Darts National Competition Series 04 Jadi Penentu ke PDC Asian Championship 2024

Darts National Competition Series 04 bakal menjadi kualifikasi menentukan siapa pemain Indonesia yang lolos ke PDC Asian Championship 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Darts National Competition 2024 akan memainkan series keempat di Bay Walk Mall, Pluit tanggal 17 dan 18 Agustus 2024 nanti. Seri keempat ini bakalan sengit karena menjadi momen penentuan untuk lolos PDC Asian Championship 2024.

Pelaksanaan satu-satunya kompetisi steel tip darts tingkat nasional di Indonesia yang digagas oleh Indonesia Entertainment Group (IEG), salah satu sub holding media di bawah PT Surya Citra Media milik EMTEK Group ini rupanya menarik perhatian dan atensi yang besar dari Professional Darts Corporation (PDC), organisasi dunia darts yang berbasis di Essex, Inggris.

Untuk diketahui, PDC adalah pengembang dan penyelenggara berbagai event darts kelas dunia mulai dari PDC World Darts Championship, World Grand Prix, World Series of Darts, Grand Slam of Darts dan banyak lagi. PDC World Ranking menjadi acuan utama untuk pemeringkatan para pemain darts dunia.

“Kita membangun komunikasi dengan berbagai pihak baik itu lokal, regional maupun level dunia untuk pengembangan darts sebagai sebuah cabang olahraga di Indonesia. PDC adalah salah satu mitra strategis yang kita harapkan dapat menjadi mentor bagi kita karena reputasi dan track record yang sudah sangat mendunia. Kalau kita membahas darts maka kita pasti akan bicara tentang PDC. Kami mempersentasikan perkembangan darts di Indonesia berikut juga beberapa project yang sedang dan akan kami jalankan. Response yang diberikan oleh PDC sangat positif. Mereka membuka diri menjadi mitra IEG untuk pengembangan olahraga darts di Indonesia,” Belafonti, GM Content and Business Development IEG menjelaskan komunikasi yang sudah terjalin dengan PDC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Awal

Sebagai langkah awal dalam kerjasama partnership maka IEG sebagai penyelenggara Darts National Competition 2024, satu-satunya kompetisi Steel Tip Darts di Indonesia ditunjuk sebagai pihak penyelenggara PDC Asian Championship 2024 Indonesia Qualify yang akan menjadi tahapan penentuan pemain yang akan dikirim mewakili Indonesia di PDC Asian Championship 2024 yang akan diselenggarakan di Manila, Filipina, tanggal 17 sampai dengan 20 Oktober 2024.

PDC Asian Championship adalah kejuaraan steel tip darts tingkat Asia yang diselenggarakan oleh Professional Darts Corporation (PDC). Babak utama PDC Asian Championship akan diikuti oleh 48 Pemain darts Asia yang secara sederhana penentuannya terbagi menjadi 3 kluster.

16 Pemain diambil dari Pemain peringkat pertama hingga peringkat enam belas dari PDC Asia Tour Order of Merit, 16 Pemain lagi diambil dari utusan negara yang menyelenggarakan babak kualifikasi dan 16 Pemain sisanya akan diambil dari on stage qualify yang akan diselenggarakan di Manila pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2024 nanti.

Total hadiah yang disediakan bagi para pemain di PDC Asian Championship 2024 adalah US$ 120.000.

3 dari 4 halaman

Format Penentuan

Reza El Rasie, Project Manager Darts National Competition 2024 memaparkan bila PDC akhirnya setuju untuk mengadopsi Darts National Competition 2024 sebagai event kualifikasi untuk penentuan satu pemain yang secara otomatis akan mewakili Indonesia di babak utama PDC Asian Championship 2024.

“PDC menyerahkan kepada IEG untuk teknis penentuan pemain yang akan mewakili Indonesia di PDC Asian Championship 2024 Manila, Philipina. Kami dari IEG kemudian menawarkan Darts National Competition 2024 untuk diadopsi sebagai kualifikasi dengan patokan IEG Darts Player Ranking sehingga pemain yang paling banyak mendapatkan point dari Darts National Competition 2024 Series pertama hingga Series keempat berhak untuk mewakili Indonesia di babak utama PDC Asian Championship 2024. Apabila pemain di peringkat pertama berhalangan atau mengundurkan diri maka pemain yang berada di urutan kedua otomatis akan menjadi pengganti, dan seterusnya. Hal ini diterima oleh PDC dan menjadi langkah pertama sekaligus pembuka kerjasama IEG dan PDC.”

4 dari 4 halaman

Siapa Jadi Wakil Indonesia?

Dengan demikian maka Darts National Competition Series 04 bakal panas dan sengit karena menjadi kesempatan terakhir untuk merebut tiket mewakili Indonesia ke babak utama PDC Asian Championship 2024.

Dimulainya kerjasama IEG dengan PDC ini adalah sebuah langkah strategist untukpengembangan olahraga darts di Indonesia karena ini adalah kerjasama formal olahraga steel tip darts pertama yang dilaksanakan oleh entitas asal Indonesia yang secara representatif ditunjuk untuk menjadi mitra penyelenggara kualifikasi untuk penentuan pemain yang akan menjadi wakil Indonesia di event steel tip darts Internasional level Asia.

Sebelumnya, para pemain steel tip darts berjuang secara mandiri untuk berpartisipasi di event-event olahraga steel tip darts Internasional.

Hingga penyelenggaraan Darts National Competition Series 03, Tirta Suparjo masih memimpin IEG Darts Player Ranking dengan 1940 point. Di tempat kedua, ada Benny Tandean dengan 1028 Point kemudian Jordhie Indra dengan 785 point. Suwendi ada di poisisi keempat dengan 734 point.

Sementara William Lee dan Samuel Valerian ada di posisi kelima dan keenam dengan masingmasing 514 point dan 418 point.

Mengingat system point yang ada di IEG Darts Player Ranking sangat dinamis dengan adanya penalty and reward point maka posisi IEG Darts Player Ranking ini tentunya masih berpeluang besar untuk berubah sehingga Darts National Competition 2024 Series 04 yang akan dilaksanakan di Bay Walk Mall Pluit tanggal 17 dan 18 Agustus 2024 mendatang akan memiliki bobot nilai khusus karena akan menjadi kompetisi pamungkas untuk memperebutkan satu tiket ke babak utama PDC Asian Championship 2024 Manila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.