Sukses

Hasil Sepak Bola Olimpiade 2024: Bikin Sejarah, Mesir Singkirkan Paraguay Lewat Adu Penalti untuk Tiket Semifinal

Mesir berhasil mengukir sejarah usai menang 5-4 atas Paraguay lewat adu penalti. Ini pertama kali Mesir lolos semifinal sepak bola Olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta Mesir berhasil lolos semifinal sepak bola Olimpiade 2024 usai menang 5-4 atas Paraguay lewat adu penalti.pada laga perempat final yang berlangsung di stadion Orange Velodrome, Sabtu (3/8/2024). Paraguay sempat unggul lebih dahulu lewat Diego Gomez tapi dibalas oleh striker Mesir Ibrahim Adel sehingga skor 1-1 di waktu normal.

Ini pertama kali bagi Mesir lolos ke semifinal sepak bola Olimpiade 2024. Empat tahun lalu, mereka gagal lolos karena kalah adu penalti. Sedangkan Paraguay gagal mengulang prestasi terbaik di sepak bola Olimpiade seperti pada 2004 lalu saat rebut medali perak.

Jalannya Pertandingan Mesir vs Paraguay

Paraguay dan Mesir sama-sama bermain hati-hati di babak pertama. Menit ke-5, Paraguay membuka peluang lewat striker tajamnya Marcelo Perez tapi sundulannya masih bisa diamankan.

10 menit pertama, Paraguay tampak lebih dominan dalam menyerang. Pemain Mesir harus melakukan pelanggaran kepada Cantero atau Enciso untuk menghentikan serangan Paraguay.

Mohamed Elneny sempat mengalami cedera yang membuat pertandingan tertunda beberapa menit. Pelatih Mesir siap ganti pemain tapi Elneny bangun dan Kembali bermain di menit ke-20.

Gelandang Mesir, Mahmoud Sabar melepas tembakan spekulasi dari jauh pada menit ke-24. Tendangannya masih melebar dari gawang Paraguay.

Diego Gomez buka peluang untuk Paraguay di menit ke-29. Tendangan bebasnya untuk Paraguay masih mengarah tepat ke kiper Mesir. Skor 0-0 masih bertahan.

Mesir juga punya peluang emas di menit ke-31. Manfaatkan umpan Faisal, tendangan Mahmoud Saber yang sudah tak dijaga masih bisa ditepis Fernandez, kiper Paraguay.

Julio Enciso melepas tembakan keras dari luar kotak penalti namun masih melebar dan jauh dari target di menit ke-36.

Umpan dari Marcos Gomez belum memberi hasil untuk Paraguay. Begitu juga dengan tembakan di menit ke-43, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melebar, kali ini usai melakukan serangan balik cepat.

Marcelo Perez juga membuka peluang Paraguay lewat tembakan dari sudut sempit di menit ke-45+1. Untung saja, tendangan masih bisa ditepis dan hanya hasilkan corner.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Mesir vs Paraguay tetap bertahan. Paraguay banyak lepas tembakan tapi gagal berbuah gol. Siapa cetak gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Mesir vs Paraguay

Gelandang Mesir Zizo sangat rajin mendobrak pertahanan Paraguay. Beberapa peluang tercipta tapi belum juga terjadi gol hingga menit ke-52.

Paraguay juga menggebrak lewat Marcos Gomez. Manfaatkan umpan terobosan, tembakannya di menit ke-53 masih bisa ditepis kiper Mesir.

Mohamed Elneny juga nyaris membobol gawang Paraguay di menit ke-55. Manfaatkan umpan Adel, Elneny melepas tendangan jarak jauh yang melenceng sedikit di sisi kanan gawang Paraguay.

Osama Faisal nyaris ambil untung dari blunder Paraguay di menit ke-64. Manfaatkan bola sapuan yang berbalik ke arah gawang Paraguay, bola langsung ditembak Faisal tapi masih bisa ditepis.

Paraguay akhirnya pecah telur kebuntuan usai cetak gol lewat Diego Gomez di menit ke-71. Manfaatkan umpan terobosan yang terukur dari Enciso, Diego Gomez melewati bek Mesir dan melepas tembakan yang mengecoh kiper sehingga skor 1-0 untuk Paraguay.

Saber nyaris saja samakan skor lewat tembakan kerasnya di menit ke-74. Untung saja, Fernandez bisa tepis tendangan kerasnya dari luar kotak penalti dan hanya hasilkan corner.

Keunggulan Paraguay merupakan buah dari kerja keras dan upaya mereka lewat tembakan-tembakan dan serangan balik yang cepat. Sampai menit ke-85, Paraguay unggul jumlah tembakan yaitu 14 kali dibandingkan Mesir (9).

Mesir pantang menyerah. Ibrahim Adel membuat skor 1-1 usai cetak gol di menit ke-88 usai manfaatkan umpan dari Zizo. Hingga babak kedua berakhir, skor 1-1 tetap bertahan sehingga pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

 

3 dari 4 halaman

Babak Perpanjangan Waktu dan Adu Penalti

Mesir sempat meminta penalti di menit ke-94. Salah satu pemain Mesir dianggap dilanggar di kotak penalti saat tendangan sudut, tapi wasit tak memberinya usai melihat VAR.

Mesir lebih mendominasi permainan dengan umpan-umpan pendek. Sedangkan Paraguay andalkan serangan balik cepat, tapi kedua tim belum menemukan ketajaman lagi sampai menit ke-102.

Hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir, skor 1-1 masih bertahan.Gaya bermain kedua tim tak banyak berubah di babak kedua perpanjangan waktu, Mesir dominan dan Paraguay serangan balik.

Paraguay mendapatkan dua peluang langsung di menit ke-115 lewat De Jesus dan Alan Nunez. Dua-duanya sayang masih belum berbuah gol. Hingga babak perpanjangan waktu berakhir, skor tak berubah sehingga dilanjutkan adu penalti.

Babak Adu Penalti

Diego Gomez mencetak gol untuk Paraguay sehingga skor berubah 1-0. Dia sukses mengeksekusi penalti dengan baik. Koka mengubah skor jadi 1-1 usai tendangan penaltinya ke arah kanan tak terjangkau kiper Paraguay.

Marcelo Perez gagal cetak gol usai tendangannya bisa ditepis Alaa sehingga skor tetap 1-1. Mohamed Elneny mengubah skor jadi 2-1 untuk Mesir usai mengecoh Fernandez.

Viera mengubah skor 2-2 usai tendangan penaltinya ke gawang Mesiryang mengarah ke kiri tak terbendung. El Debes mengubah skor jadi 3-2 tapi Marco Gomez samakan skor jadi 3-3 lagi untuk Paraguay.

Mesir kembali unggul 4-3 usai Abdelmaguid sukses eksekusi penalti. Balbuena membuat tenang karena membuat skor jadi 4-4. Adel membawa Mesir ke semifinal usai tendangan penaltinya membuat skor berubah 5-4.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Mesir vs Paraguay

Mesir (4-3-3): 1 Alaa; 4 Eid, 2 Fayed, 5 Abdelmaguid, 7 Saber; 12 Koka, 17 Elneny, 6 Shehata; 14 Zizo, 9 Faisal, 10 Adel

Paraguay (4-4-2): 1 Fernandez; 2 Nunez, 14 Balbuena, 3 de Jesus, 4 Rivas; 8 Diego Gomez, 6 Marcos Gomez, 10 Viera, 13 Cantero; 18 Marcelo Perez, 15 Enciso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.