Sukses

Hasil Olimpiade Paris 2024: Jatuh Bangun, Gregoria Mariska Tunjung Melesat ke Semifinal

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung sempat dibuat jatuh bangun oleh wakil Thailand Ratchanok Intanon sebelum merebut tiket semifinal Olimpiade Paris 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Gregoria Mariska Tunjung melesat ke semifinal cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris 2024. Tiket tersebut didapat setelah tunggal putri Indonesia ini mengalahkan Ratchanok Intanon di perempat final.

Gregoria Mariska Tunjung sempat dibuat jatuh bangun oleh Intanon pada pertandingan di Porte de la Chapelle Arena, Sabtu (3/8) sore WIB. Meski begitu, pebulu tangkis yang akrab disapa Jorji akhirnya menang atas wakil Thailand tersebut dengan skor 25-23 dan 21-9 dalam waktu 46 menit.

Di semifinal Olimpiade Paris, Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi An Se Young. Unggulan pertama asal Korea Selatan itu melaju ke semifinal setelah mengalahkan Akane Yamaguchi lewat rubber game 15-21, 21-17, dan 21-8.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Pertandingan Gregoria Mariska Tunjung melawan Ratchanok Intanon di Porte de la Chapelle Arena berlangsung sengit dan ketat sejak awal game pertama. Keduanya saling adu reli yang dikombinasiikan dengan netting serta smes menyilang.

Saling kejar mengejar dalam perolehan poin pun terjadi hingga 11-10 untuk keunggulan Gregoria. Usai interval pertandingan kembali berlangsung ketat.

Intanon beberapa kali membuat Gregoria harus jatuh bangun dan berbalik memimpin 18-15. Namun, Gregoria terus berjuang dan kembali unggul 20-19.

Intanon mampu menyamakan skor 20-20 dan memaksa Gregoria untuk adu setting. Namun setelah empat kali setting, pengembalian keluar Intanon membuat Gregoria memenangkan game pertama dengan skor 25-23.

Memasuki game kedua Gregoria tertinggal 3-5 dari Intanon. Namun, Gregoria mampu mendapatkan enam poin beruntun setelah membuat Intanon kewalahan sehingga unggul 11-6.

Intanon sepertinya sudah terkuras tenaganya sehingga kesulitan uuntuk mengantisipasi permainan netting dan smes Gregoria. Pebulu tangkis yang akrab disapa Jorji itu unggul jauh 19-6.

Intanon sempat mendapat tiga poin tambahan untuk mengubah skor menjadi 9-19. Tetapi, Gregorkia kemudian menyudahi perlawanannya dengan kemenangan 21-9.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Tradisi Medali

Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa pada cabor bulu tangkisOlimpiade Paris. Sebab, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir pada babak 16 besar setelah kalah dari wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 22-24 dan 20-22.

Sementara empat wakil Indonesia lainnya sudah kandas di penyisihan grup. Mereka ialah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, serta Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di tunggal putra.

Lolosnya Gregoria ke semifinal menjaga asa bulu tangkis untuk meraih medali Olimpiade bagi Indonesia yang dimulai sejak 1992. Dalam kurun itu, cabang olahraga tersebut hanya sekali gagal merebut medali emas yaitu pada Olimpiade London 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.