Sukses

Gabung Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nathan Tjoe-A-On Tegaskan Timnas Indonesia Tak Gentar

Nathan Tjoe-A-On menegaskan Timnas Indonesia tak bakal gentar menatap putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, meski tergabung dalam grup neraka bersama negara-negara papan atas sekelas Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, serta China.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On menegaskan dia dan rekan-rekannya tak bakal gentar menghadapi putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hal itu terlepas dari fakta bahwa skuad Garuda tergabung dalam grup maha berat dan bakal ditantang oleh negara-negara raksasa sepak bola yang sebagian besar sudah berpengalaman tampil di Piala Dunia.

Sekadar informasi, hasil drawing ronde 3 FIFA World Cup 2026 Qualifiers pada akhir Juni lalu memang menempatkan Indonesia di grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Skuad racikan Shin Tae-yong yang di atas kertas tak lebih unggul dari rival-rivalnya lantaran mereka saat ini cuma menghuni ranking 133 FIFA dan masih nihil pengalaman mentas di panggung sepak bola terakbar dunia.

Kendati begitu, Nathan Tjoe-A-On memastikan pasukan Garuda tak bakal keder saat menantang negara pesaing dalam rangkaian pertandingan yang dimulai September mendatang. Pesepak bola berusia 22 tahun menilai Timnas Indonesia punya kans untuk memberi perlawanan serta mengeksplotasi kelemahan rival-rival grup C.

"Ini adalah grup yang penuh dengan kualitas, tetapi saya pikir kami (Timnas Indonesia) juga punya kualitas," ujar Nathan Tjoe-A-On, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Kami tidak boleh takut dengan tim-tim ini karena ini adalah sepak bola, segalanya bisa terjadi. Kami hanya perlu menganalisis dengan baik bagaimana cara mereka bermain dan di mana peluang kami, lalu kami harus bisa memanfaatkan kelemahan mereka serta menunjukkan kualitas kami," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Belajar dari Pengalaman

Lebih lanjut, Nathan Tjoe-A-On juga menilai bahwa Timnas Indonesia saat ini sudah belajar dari pengalaman. Sejumlah pertandingan terakhir menunjukkan skuad Garuda punya cukup potensi untuk menaklukkan negara-negara yang kelasnya lebih tinggi.

Oleh karena itu jelang menatap laga penting September mendatang, Nathan menyebut ia dan rekan-rekannya hanya akan fokus melakukan persiapan pramusim bersama klub. Ia berharap para pemain Timnas Indonesia bisa datang dengan kondisi terbaik ketika Merah Putih memanggil di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kami belajar (dari pengalaman internasional sebelumnya) bahwa kami bisa menunjukkan kepada tim atau negara lain betapa bagus tim kami sebenarnya," tutur Nathan.

"Saya pikir juga di tim U-23, kami sempat mengalahkan beberapa negara yang sangat bagus karena kami percaya pada diri kami sendiri. Jadi saya rasa itulah yang (perlu) kami lakukan juga di tim senior, yakni kami percaya pada diri sendiri dan yakin bisa melakukan sesuatu."

"Kami sangat antusias dengan apa yang akan kami hadapi. Kami harus mempersiapkan diri saat pramusim di klub dan memastikan diri kami dalam kondisi terbaik untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang akan datang," tandas pesepak bola kelahiran 2002.

3 dari 4 halaman

Syarat Lolos ke Piala Dunia 2026

Sekadar informasi, aturan terbaru Piala Dunia memungkinkan Asia memiliki 8+1 wakil dalam FIFA World Cup 2026 mendatang.

Saat ini, ada total 18 tim termasuk Indonesia yang sudah dibagi ke dalam 3 grup dan akan berupaya memperebutkan slot tampil di putaran final Piala Dunia 2026

Negara yang berhasil menyabet dua peringkat teratas dalam masing-masing grup bakal memperoleh tiket otomatis ke kompetisi sepak bola terakbar. Sementara itu, tim peringkat 3 dan 4 masih berkesempatan memperebutkan tiket lainnya dengan berpartisipasi dalam putaran keempat.

Sebanyak 2 tim juara grup di putaran empat akan diambil untuk mendampingi 6 negara sebelumnya. Adapun 1 negara lagi bakal dikirim mengikuti play-off antarbenua.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

5 September 2024

Arab Saudi vs Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.