Sukses

Terungkap, Penyebab David De Gea Sudah Setahun Menganggur Usai Tinggalkan Manchester United

Sebelumnya, banyak yang memperkirakan kiper sekaliber David de Gea akan segera menemukan klub baru musim panas lalu setelah dia tinggalkan Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari setahun David De Gea masih tanpa klub setelah kepergiannya dari Manchester United. Kiper berusia 33 tahun itu menghabiskan lebih dari satu dekade di MU.

De Gea direkrut manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, dari Atletico Madrid pada tahun 2011 dengan harga hampir 19 juta pounds. Dia kemudian tampil sebanyak 545 kali untuk Setan Merah selama 12 musim.

Selama kurun waktu tersebut, kiper asal Spanyol itu memenangkan Liga Inggris, Piala FA, Piala Carabao dua kali, dan Liga Eropa UEFA. Saat itu Man United muncul sebagai kekuatan dominan dalam sepak bola Inggris.

Namun, karier De Gea di MU berakhir dengan kekalahan di final Piala FA 2023 dengan skor 2-1 di tangan rival sekota Manchester City.

Berdasarkan kontrak terakhir De Gea di Old Trafford, MU harus membayar gaji mingguan sebesar 375.000 pounds kepada sang kiper. Kemudian, sepertinya telah ada kesepakatan mengenai pemotongan gaji, menjadi 200.000 pounds setiap minggu.

Tapi, tawaran tersebut kemudian ditolak De Gea hingga akhirnya meninggalkan United untuk mengakhiri masa baktinya yang berlangsung lebih dari satu dekade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi De Gea di MU Digantikan Kiper dari Inter Milan

Setelah kepergian De Gea, MU merekrut Andre Onana dari Inter Milan untuk menjadi kiper utama skuad Erik ten Hag dengan biaya awal sebesar 43,8 juta pounds.

Banyak yang mengira bahwa kiper sekaliber De Gea akan segera menemukan klub baru musim panas lalu setelah ia menjadi agen bebas. Namun, lebih dari setahun setelah kepergiannya dari Old Trafford, dia masih belum memiliki tim.

3 dari 4 halaman

Tunggu Tawaran Dea Gea Ikut Latihan di Klub Non Liga

Sejak menjadi agen bebas, De Gea telah berlatih di lapangan klub non-liga Altrincham untuk menjaga kebugarannya. Dia juga pernah mengenakan perlengkapan latihan United meskipun tidak lagi bermain untuk klub tersebut.

Spekulasi telah mengaitkan De Gea dengan tawaran dari Newcastle United, Nottingham Forest, Real Betis, dan klub-klub di Liga Pro Saudi, tetapi tidak ada yang terwujud. Dan tampaknya tuntutan gaji De menjadi hambatan utama untuk mewujudkan kepindahannya.

4 dari 4 halaman

Tuntutan Gaji De Gea Belum Ada yang Disanggupi Klub

TEAMtalk melaporkan bahwa kiper asal Spanyol itu tengah mencari kontrak yang membayar gaji tahunan antara 4,2 juta pounds dan 5 juta pounds, yang berarti antara 80.000 pounds dan 96.000 pounds setiap minggu.

Meskipun jumlah ini jauh lebih sedikit dari kesepakatan 375.000 pounds yang diperoleh di United dan kurang dari setengah dari yang ia setujui dalam tawaran kontrak yang akan diperbaruinya, tampaknya tuntutan gaji belum mencapai tingkat yang diinginkan klub agar De Gea bergabung dengan tim baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.