Sukses

Erick Thohir Buka Suara usai STY Rekrut Pelatih Striker, Akui Timnas Indonesia Masih Lemah di Lini Serang

Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara mengomentari langkah juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengangkut Yeom Ki-hun sebagai asisten barunya yang dikhususkan sebagai pelatih striker skuad Garuda.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara mengomentari langkah pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengangkut Yeom Ki-hun sebagai asisten barunya. Pria berusia 41 tahun diberi tugas untuk mendampingi striker skuad Garuda di balik layar.

Langkah perekrutan Yeom ke skuad Garuda pun direspons secara positif oleh Erick Thohir. Dia menilai juru taktik Timnas Indonesia memang butuh tenaga tambahan untuk melatih area serangan, sebab mereka kerap kali gagal mengonversi peluang menjadi gol di laga-laga krusial.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi sejumlah agenda penting jelang akhir tahun ini. Pasukan Merah Putih sudah ditunggu pesaing-pesaingnya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai September mendatang.

Jordi Amat dan kawan-kawan tergabung dalam grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Laga pertama bakal mempertemukan Timnas Indonesia dengan Arab Saudi di Riyadh, sementara duel kedua melawan Australia berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jelang menghadapi laga penting tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir pun terang-terangan menggarisbawahi kelemahan skuad Garuda. Dia tak menampik lini serang Timnas Indonesia sering tumpul, sehingga gagal mengonversi peluang dan malah berujung kebobolan di laga-laga krusial.

"Ya memang untuk tingkatkan kualitas timnas, kita harus memperkuat tim ya kedokteran, medis, pelatih," ucap Erick Thohir saat ditemui Liputan6.com dan awak media lain selepas konferensi pers di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024) sore WIB.

"Kalau kita lihat, salah satu kelemahan kita ketika bermain beberapa kali, misalnya lawan Irak, kita tidak bisa mencetak gol. Lalu di babak kedua kita malah kena (kebobolan) dua gol," sambung Ketum PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Kuatkan Staf Kepelatihan

Oleh karenanya, guna memperbaiki catatan tersebut, Erick Thohir menilai sangat wajar bagi Shin Tae-yong jika berupaya memperkuat staf kepelatihan.

Langkah juru taktik Korea Selatan merekrut asisten khusus striker pun dianggap sudah tepat lantaran hal itu bisa membantu mendoorng lini depan Merah Putih jelang menghadapi pertandingan penting September mendatang.

"Memang (penting) bagaimana kita meningkatkan kualitas dari goalkeeper dan striker dengan pelatih yang leih baik. Pelatih goalkeeper kita baik, sekarang STY tambah pelatih untuk striker," kata Erick Thohir menambahkan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2024

5 September 2024

Arab Saudi vs Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.