Sukses

Veddriq Leonardo Ubah Sejarah Olahraga Merah Putih, Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade Paris 2024

Indonesia Raya akhirnya berkumandang di Olimpiade Paris 2024. Pemanjat tebing putra Veddriq Leonardo membuat momen itu terjadi usai kemenangannya di nomor speed.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Raya akhirnya berkumandang di Olimpiade Paris 2024. Pemanjat tebing putra Veddriq Leonardo membuat momen itu terjadi usai kemenangannya di nomor speed.

Pada final di Le Bourget Sport Climbing Venue, Kamis (8/8/2024) sore WIB, Veddriq memastikan merebut emas panjat tebing Olimpiade 2024 setelah mengalahkan wakil China Wu Peng lewat catatan waktu 4,75 detik berbanding 4,77 detik.

Torehan tersebut sekaligus menjadi sejarah bagi olahraga Tanah Air. Untuk kali pertama Indonesia merebut medali emas Olimpiade dari luar bulu tangkis.

Wakil badminton selama ini memang menjadi andalan Merah Putih pada pesta olahraga termegah di muka bumi. Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra) melakukannya pertama kali di Barcelona 1992.

Rexy Mainaky/Ricky Subagja (ganda putra, Atlanta 1996), Tony Gunawan/Candra Wijaya (ganda putra, Atlanta 1996), Taufik Hidayat (tunggal putra, Athena 2004), dan Hendra Setiawan Markis Kido (ganda putra, Beijing 2008) melanjutkan tradisi itu.

Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad (ganda campuran, Rio de Janeiro 2016) dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri, Tokyo 2020) mengikuti jejak. Namun, atlet bulu tangkis gagal merebut emas di Olimpiade Paris 2024, mengulang kegagalan London 2012.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Veddriq Leonardo Menuju Emas Olimpiade Paris 2024

Veddriq mengawali panjat tebing Olimpiade 2024 dari kualifikasi babak penyisihan unggulan, Selasa (6/8/2024). Pada babak itu, dia sama-sama melakukan panjatan jalur A dan B.

Di fase ini, Veddriq berbagi dinding bersama legenda Prancis melawan Bassa Mawem. Dia kemudian bergantian dengan Sam Watson (Amerika Serikat) dan Amir Maimuratov (Kazakhstan) memecahkan rekor Olimpiade.

Sosok kelahiran Pontianak itu lalu menyamai rekor dunia milik Sam Watson saat menjalani percobaan kedua di jalur A dengan waktu 4,79 detik. Catatan tersebut sekaligus menjadikan Veddriq unggulan pertama pada penyisihan eliminasi.

Pada babak penyisihan eliminasi Olimpiade 2024, Veddriq bertemu rekan senegara Rahmad Adi Mulyono yang berada di dasar unggulan karena melakukan false start. Dia tanpa kesulitan meraih kemenangan. Sementara itu, Sam Watson kembali memperbarui rekor dunia lewat torehan 4,75 detik.

3 dari 3 halaman

Veddriq Leonardo Kalahkan Wakil China di Final Olimpiade Paris 2024

Kompetisi berlanjut ke babak gugur, Kamis (8/8/2024). Veddriq kembali bertemu Bassa Mawem, tapi kali ini harus ada pemenang. Dia mencatatkan start mulus dengan torehan waktu 4,88 detik, mengunggulli torehan 5,26 detik milik Mawem.

Veddriq lalu bersua wakil Iran Reza Alipour yang sebelumnnya menaklukkan pemanjat tebing Kazakhstan. Atlet Indonesia melanjutkan performa impresifnya dengan mencatatkan waktu 4,78 detik, unggul lumayan tipis dari lawannya yang menyelesaikan panjatan dengan 4,84 detik.

Di final, Veddriq bersua wakil China Wu Peng yang menyisihkan Sam Watson pada semifinal. Veddriq berhasil mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik atas Wu Peng untumempersembahkan medali emas pertama buat Indonesia di Paris 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini