Sukses

CdM Olimpiade Paris 2024 Sanjung Veddriq Leonardo usai Sumbang Medali Emas Pertama Indonesia

Veddriq Leonardo menyumbang medali emas pertama bagi kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (8/8/2024). Capaian tersebut membuat Merah Putih sementara ini memiliki koleksi 2 medali, setelah Gregoria Mariska Tunjung lebih dulu menyumbang perunggu dari nomor tunggal putri bulu tangkis.

Liputan6.com, Jakarta Penantian medali emas Indonesia di Olimpiade Paris 2024 akhirnya terjawab pada Kamis (8/8/2024). Atlet panjat tebing Tanah Air Veddriq Leonardo mengukir prestasi tertinggi usai menang atas wakil China Wu Peng dalam laga final nomor speed putra yang digelar di Le Bourget Sport Climbing Venue sore tadi.

Veddriq keluar sebagai kampiun setelah mencatatkan waktu 4,75 detik. Dia unggul tipis 0,02 detik atas lawannya yang menyelesaikan panjatan dalam durasi 4,77 detik untuk merengkuh medali perak, sementara perunggu menjadi milik wakil Amerika Serikat Sam Watson.

Capaian tersebut tak ayal menandai sejarah baru bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan di Olimpiade. Veddriq mencetak sejarah dengan menjadi pendulang medali emas pertama Merah Putih dari cabor di luar bulu tangkis dalam ajang olahraga multievent terakbar dunia.

CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie pun menyanjung kinerja serta prestasi pemanjat tebing asal Pontianak. Menurutnya, raihan Veddriq Leonardo sekaligus menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara besar sekelas Amerika Serikat dan China.

"Indonesia harus berterima kasih dan bersyukur kita mendapat sejarah medali emas di luar bulutangkis," ujar Anindya Bakrie selepas kemenangan Veddriq di final speed putra panjat tebing, seperti dilansir dari rilis NOC Indonesia.

"Ini menandakan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan siapa pun, termasuk USA dan China. Ini akan menambah semangat walaupun di akhir-akhir. Masih ada Rizki Juniansyah, Bernard van Aert, dan Nurul Akmal juga pasti bisa," tambah sang CdM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangga Indonesia Raya Berkumandang

Selaras dengan hal itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia alias NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, juga memberi apresiasi besar atas pencapaian Veddriq Leonardo.

Dia mengaku sedih sekaligus bangga lantaran lagu kebangsaan Indonesia Raya akhirnya bisa berkumandang di Olimpiade Paris 2024.

"Siapa yang tidak sedih, siapa yang tidak bangga Indonesia mendapatkan medali emas pertama. Indonesia Raya berkumandang. Tapi jangan berhenti berdoa karena masih ada lagi peluang," ungkap Raja Sapta Oktohari dalam rilis resmi NOC Indonesia.

"Saya tadi sama Presiden IOC Thomas Bach dan NOC Prancis David Lappartient, mereka menyaksikan bagaimana Indonesia dapat emas pertama. Dan mereka memberikan selamat. Itu juga jadi momentum karena kita mau bidding Youth Olympic 2030," katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Indonesia Sudah Koleksi 2 Medali Olimpiade 2024

Berkat torehan gemilang Veddriq Leonardo, Indonesia kini telah mengoleksi 2 medali di Olimpiade Paris 2024. Medali pertama berupa perunggu disumbangkan oleh tunggal putri bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung.

Adapun setelah ini, kontingen Merah Putih masih punya peluang menambah pundi-pundi medali lewat cabor angkat besi dan balap sepeda. Lifter Rizki Juniansyah yang turun di nomor 73 kg bakal bersaing pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB, disusul Nurul Akmal (+81 kg putri) yang dijadwalkan berlaga Minggu (11/8/2024).

Sementara itu, Bernard Van Aert akan tampil dalam kategori track nomor omnium putra di Velodrome National de Saint-Quentin-en-Yvelines, Kamis (8/8/2024) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.