Sukses

Nyaris Tersandung oleh Serbia, Amerika Serikat Lolos ke Final Basket Putra Olimpiade 2024

Amerika Serikat bangkit dari ketertinggalan 13 poin untuk mengalahkan Serbia dengan selisih empat poin di semifinal Olimpiade 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Amerika Serikat susah payah melewati rintangan dari Serbia di babak semifinal untuk mengamankan tiket ke partai puncak cabang olahraga bola basket putra Olimpiade 2024. Pada Jumat (9/8/2024) dini hari WIB, USA menang tipis 95-91 atas Serbia.

Bertanding di Bercy Arena, Amerika kali ini mendapat perlawanan sengit dari Serbia tidak seperti pertemuan awal di fase grup Olimpiade 2024 dimana ketika itu pasukan Steve Kerr mampu menang telak, 110-84.

Amerika bahkan nyaris kalah dari Serbia di semifinal Olimpiade 2024. Nikola Jokic dan kawan-kawan sempat unggul atas 13 poin di kuarter kuarter keempat. Namun kecemerlangan Stephen Curry mengubah segalanya.

Curry melesakkan 36 poin di laga kali ini. Dia juga mampu memasukkan sembilan kali tembakan tiga angka termasuk salah satu yang menentukan kemenangan USA. Curry memasukkan tembakan jarak jauh uang membuat Amerika berbalik ungguk 87-86 ketika laga tersisa dua menit 24 detik.

Amerika kemudian menjauh usai LeBron James melakukan defensive rebound yang diakhiri dengan lay-up sehingga unggul tiga poin atas Serbia. Amerika tak terbendung untuk menang setelah Curry mencuri bola di tengah lapangan dan diakhiri dengan lay-up sehingga memimpin 91-86.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawab Curry di Olimpiade 2024

Kecemerlangan Curry di semifinal Olimpiade ini sekaligus menjawab kritikan terhadap dirinya. Curry tampil meredup di Olimpiade 2024. LeBron James yang menjadi pemimpin kesuksesan USA di Paris.

Di semifinal sendiri, LeBron kembali berkontribusi maksimal untuk USA. Dia membuat double-double dengan 16 poin dan 12 rebound. Joel Embiid juga main bagus kali ini dengan 19 angka.

Di kubu Serbia, Bogdan Bogdanovic memimpin perolehan poin dengan 20 angka. Nikola Jokic sendiri finis dengan 17 poin dan lima rebound.

3 dari 3 halaman

Jumpa Prancis di Final Olimpiade 2024

Di partai final, Amerika Serikat akan berhadapan dengan Prancis. Victor Wembanyama dan kawan-kawan menang atas Jerman yang merupakan juara Piala Dunia Bola Basket 2023 dengan skor 73-69.

Final akan berjalan menarik karena Prancis juga memiliki banyak pemain yang main di NBA. Selain Wembanyama, ada Rudy Gobert, Nicolas Batum, Evan Fournier, Bilal Coulibaly hingga Nando de Colo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.