Sukses

Hasil Final Sepak Bola Olimpiade 2024: Sikat Prancis 5-3, Spanyol Ulangi Prestasi 1992 Rebut Emas

Spanyol berhasil mengukir prestasi gemilang di sepak bola Olimpiade 2024 usai merebut emas. Keberhasilan ini diraih usai La Roja kalahkan Prancis 5-3 di laga final.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol berhasil merebut emas sepak bola Olimpiade 2024 usai kalahkan Prancis 5-3 lewat perpanjangan waktu pada laga final yang berlangsung di stadion Parc des Princes, Jumat (9/8/2024). Empat gol Spanyol dicetak oleh Fermin Lopez (2 gol), Alex Baena dan Sergio Camello (2).

Prancis bisa membalas lewat gol Enzo Millot, Akliouche dan penalti Jean Phillipe Mateta sehingga memaksa perpanjangan waktu di final sepak bola Olimpiade 2024. Kemenangan ini sekaligus mengulang prestasi Spanyol yang juga merebut emas Olimpiade 1992 lalu. Kemenangan ini juga sekaligus jadi penebusan sakit hati saat kalah 1-2 di final Olimpiade 2020 lawan Brasil.

Jalannya Pertandingan Prancis vs Spanyol

Prancis dan Spanyol belum banyak membuat peluang berarti sampai menit ke-7. Kedua tim seperti masih membaca bagaimana kelemahan lawan.

Tak seperti biasanya, Spanyol tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Prancis. Sedangkan Les Bleus muda tampak nyaman memainkan bola meski belum mencetak gol sampai menit ke-10.

Prancis akhirnya mengubah skor jadi 1-0 lewat gol Enzo Millot di menit ke-11. Tembakan kaki kirinya tak disangka gagal diantisipasi Arnau Tenas.

Setelah kebobolan ini, Spanyol mulai percaya diri untuk menguasai bola. Kerja keras ini berbuah manis saat Fermin Lopez mencetak gol di menit ke-18.

Manfaatkan umpan Alex Baena, tendangan kaki kanan Fermin Lopez mengarah ke sudut kiri gawang Prancis. Restes tak bias membendungnya sehingga skor menjadi 1-1.

Prancis buka peluang lewat Jean Philippe Mateta di menit ke-22. Manfaatkan umpan tendangan sudut Michel Olise, sundulan Mateta masih tepat mengarah ke pelukan kiper Spanyol Arnau Tenas.

Spanyol berbalik unggul 2-1 saat Fermin Lopez mencetak gol di menit ke-25. Berawal dari umpan Miranda yang disambar Ruiz tapi masih ditepis, bola muntah disambar kembali oleh Lopez menjadi gol. Ini menjadi gol keenamnya sepanjang duel cabor sepak bola Olimpiade 2024.

Luar biasa. Spanyol seperti bakal merebut emas di sepak bola Olimpiade usai mengubah skor jadi 3-1 lewat gol Alex Baena. Tendangan bebasnya yang mengarah ke kiri membuat Prancis tak berkutik di menit ke-28.

Spanyol mendominasi permainan. Juan Miranda nyaris menambah gol saat melepas tendangan di menit ke-41, tapi masih bisa ditepis kiper Prancis. Mateta nyaris memperkecil skor tapi sundulannya masih bisa ditepis di menit ke-45+2.

Hingga babak pertama berakhir, skor 3-1 untuk Spanyol masih bertahan. Bisakah Prancis membalas di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Dua Prancis vs Spanyol

Spanyol membuka peluang lewat tembakan Abel Ruiz di menit ke-48. Tembakannya dari tengah masih melambung ke atas mistar gawang.

Prancis menarik keluar Jonas Chotard dan Alexandre Lacazette. Thierry Henry memasukkan Kalimuendo dan Akliouche pada menit ke-53 dengan harapan bisa membawa perubahan.

Prancis punya peluang super emas di menit ke-57. Truffert melepas umpan silang yang langsung disambut sundulan Manu Kone tapi masih mengenai tiang.

Menit ke-60 giliran Spanyol punya peluang emas. Manfaatkan umpan silang dari Marc Pubill, Juan Miranda berhasil melepas tendangan first time yang masih melambung dari target.

Jean Philippe Mateta buka peluang bagi Prancis di menit ke-67. Meski dijaga Eric Garcia, dia bisa melepas tembakan yang masih terlalu lemah sehingga mudah diamankan Arnau Tenas.

Prancis mencoba maksimalkan lebar lapangan dengan memforsir dua full back Truffert dan Sildillia. Meski begitu, Prancis belum bisa menambah gol di menit ke-72 karena setiap upaya umpan silang bisa dihalau pertahanan Spanyol.

Kerja keras Prancis akhirnya berbuah manis. Michel Olise berhasil mengubah skor jadi 3-2 usai tendangan bebasnya bisa diteruskan Akliouche menjadi gol di menit ke-79.

Prancis makin semangat samakan skor. Beberapa peluang didapatkan tapi belum bisa menambah gol hingga menit ke-86. Spanyol yang tertekan mencoba serangan balik. Ini nyaris berbuah gol saat Sergio Gomez melepas tembakan di menit ke-88, tapi masih melebar di sisi kanan.

Benat Turrientes melakukan pelanggaran fatal di kotak penalti dengan menahan Kalimuendo di menit ke-90. Prancis mendapatkan penalti dan Jean Philippe Mateta sukses eksekusi penalti sehingga skor berubah 3-3 di menit ke-90+3.

Benat Turrientes nyaris membayar kesalahan di menit ke-90+6. Namun sontekannya masih mengenai tiang. Hingga pertandingan berakhir, skor 3-3 antara Prancis melawan Spanyol tetap bertahan sehingga dilanjutkan di perpanjangan waktu.

3 dari 4 halaman

Perpanjangan Waktu Prancis vs Spanyol

Mateta menjajal peluang pertama di perpanjangan waktu. Tendangannya di menit ke-91 terlalu keras tapi arahnya melambung ke udara.

Truffert buka peluang saat melepas tembakan tapi bisa diblok. Bola mengarah ke Kalimuendo tapi striker Prancis ini telat menyambarnya di menit ke-95.

Sergio Camello akhirnya mengubah skor 4-3 di menit ke-100. Manfaatkan umpan terobosan dari Adrian Bernabe, Camello mencungkil bola sehingga menembus gawang dengan mulus.

Desire Doue punya peluang bawa Prancis imbang lagi di menit ke-105. Namun tembakan kerasnya tepat ke arah Arnau Tenas. Skor 4-3 bertahan sampai babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Babak Dua Extra Time

Sergio Gomez mengetes ketangguhan kiper Prancis di menit ke-107. Tendangan kerasnya masih bisa ditepis dan hasilkan tendangan sudut.

Sampai menit ke-112, Prancis tampak lebih agresif dengan 26 kali tembakan dan 10 ke arah gawang. Mereka unggul jauh dari Spanyol yang hanya melepas 18 kali tendangan.

Tendangan sudut Prancis juga unggul 11 dibandingkan 2 untuk Spanyol.Camello nyaris mencetak gol lagi di menit ke-114, tapi dia dijaga Adrien Truffert sehingga bola diamankan kiper Prancis.

Rayan Cerki melepas tembakan dari kanan pada menit ke-118. Untung saja tendangannya bisa diamankan Arnau Tenas. Sergio Camello membungkus kemenangan Spanyol usai mencetak gol di menit ke-120. Dia mengubah skor jadi 5-3 usai kembali melepas tendangan terukur.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Prancis vs Spanyol

Prancis (4-3-1-2): 16 Restes; 5 Sildillia, 4 Bade, 2 Lukeba, 3 Truffert; 12 Millot, 6 Kone, 13 Chotard; 6 Michel Olise; 14 Mateta, 10 Lacazette

Spanyol (4-2-3-1): 1 Arnau Tenas; 2 Pubill, 4 Garcia, 5 Cubarsi, 3 Miranda; 6 Barrios, 10 Baena; 14 Oroz, 11 Fermin Lopez, 17 Gomez; 9 Ruiz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.