Sukses

Setahun Nganggur usai Tinggalkan Manchester United, David de Gea Akhirnya Berlabuh di Serie A

David de Gea akhirnya berlabuh di klub Serie A Fiorentina setelah setahun menganggur sejak pisah dari Manchester United pada 2023 silam.

Liputan6.com, Jakarta Mantan kiper legendaris Manchester United, David de Gea, akhirnya sah melepas masa menganggurnya sejak berpisah dari Setan Merah tahun lalu. 

Penjaga gawang asal Spanyol itu memutuskan kembali ke sepak bola kompetitif dengan bargabung bersama klub Serie A Fiorentina sebagai agen bebas lewat bursa transfer musim panas 2024. 

Sekadar informasi, De Gea sebelumnya dikenal sebagai kiper loyal milik Manchester United. Dia tercatat sudah 12 tahun membela Setan Merah, sebelum meninggalkan klub lantaran kontraknya berakhir, menyusul gagal menyepakati perpanjangan pada 2023 silam.

Manchester United sendiri langsung move on dengan mendatangkan Andre Onana sebagai suksesor pria Spanyol. Sementara itu, David de Gea setahun tak mengecap kompetisi dan hanya berlatih di lapangan klub Altrincham demi menjaga kebugarannya. 

Keputusan De Gea istirahat semusim dari lapangan hijau sebenarnya bukan diakibatkan oleh tidak adanya minat dari klub luar. Manchester Evening News mengeklaim, kiper berusia 33 tahun sempat diincar oleh tim Arab Saudi jelang memasuki musim kompetisi 2023/2024.

Akan tetapi, De Ge yang kala itu memutuskan menolak tawaran pindah ke Timur Tengah. Alhasil, dia harus menjalani masa-masa tanpa klub selama setahun sejak berpisah dari tim raksasa Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fiorentina Akhiri Masa Nganggur David de Gea

Barulah pada musim panas 2024, David de Gea akhirnya mengakhiri status sebagai pengangguran. Klub Serie A Fiorentina bersedia menampung dia, meski sudah setahun tidak bertanding  di level kompetitif. 

Football Italia melaporkan, De Gea menandatangani kontrak berdurasi satu tahun bersama La Viola, dengan gaji hanya sekitar 1 juta euro per musim ditambah bonus.

Sang pemain punya opsi perpanjangan dalam kesepakatannya yang bakal membuat dia meraup upah dua kali lipat pada musim 2025/2026 mendatang.

3 dari 3 halaman

Fiorentina Segera Perkenalkan David de Gea

Selaras dengan pemberitaan itu, Fiorentina juga telah mengumumkan langsung perekrutan David de Gea melalui situs resminya. Mereka mengaku bakal memperkenalkan sang pemain secara resmi pada Senin (12/8/2024). 

"ACF Fiorentina telah mengumumkan perekrutan David de Gea Quintana," tulis La Viola dalam pernyataan mereka pada Jumat (9/8/2024). 

"Kiper baru kami akan diperkenalkan pada 12 Agustus pukul 14:00 (waktu setempat) di Wind3 Media Center di Rocco B. Commisso Viola Park," tandas pihak klub dalam situs resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.