Sukses

Respons Nova Arianto usai Shin Tae-yong Rekrut Pelatih Striker Baru: Bagus buat Timnas Indonesia

Juru taktik Timnas Indonesia U-17 yang merangkap sebagai asisten pelatih di skuad Garuda senior, Nova Arianto turut mengomentari keputusan Shin Tae-yong merekrut pelatih striker baru ke Tanah Air. Menurutnya, langkah itu bakal bagus untuk mendongkrak kekuatan Timnas Indonesia, utamanya di lini depan.

Liputan6.com, Jakarta Juru taktik Timnas Indonesia U-17 yang merangkap sebagai asisten pelatih di skuad Garuda senior, Nova Arianto turut mengomentari keputusan Shin Tae-yong merekrut pelatih striker baru ke Tanah Air. 

Dia menilai langkah itu merupakan hal yang bagus dan bisa membawa dampak positif buat mendongkrak penampilan Timnas Indonesia, khususnya di lini depan.

Seperti diketahui, STY baru-baru ini memang memanggil kompatriotnya Yeom Ki-hun untuk ikut bekerja di balik layar skuad Garuda. 

Pria berusia 41 tahun diketahui pernah menjadi anak asuh Shin Tae-yong di tim nasional Korea Selatan, dan merupakan salah satu eks pemain beken klub negeri ginseng Suwon Bluewings.

Situs Transfermarkt bahkan mengidentifikasi Yeom Ki-hun sebagai sosok pencetak assists dan gol dari tendangan bebas terbanyak dalam sejarah K League 1. Secara spesifik, dia telah mengumpulkan total 103 gol dan 131 assists dari 546 penampilan lintas ajang untuk berbagai klub sepanjang kariernya.

Dengan track record mentereng, kedatangan Yeom Ki-hun pun diyakini bakal membawa efek baik buat lini serang Timnas Indonesia. Pasalnya, area tersebht memang kerap menjadi fokus perhatian lantaran sejumlah striker skuad Garuda sering kali gagal melakukan finishing untuk melahirkan gol di gawang. 

"(Kedatangan Yeom Ki-hun sebagai asisten pelatih) ya pasti bagus lah, bagus untuk timnas," kata Nova Arianto seperti dilansir dari Antara. 

"Karena secara kualitas, dia cukup baik, dan harapannya (Yeom Ki-hun) bisa menambah daya gedor timnas," sambung asisten pelatih Shin Tae-yong di skuad Garuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketum PSSI Juga Dukung Langkah Shin Tae-yong

Selaras dengan hal itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya juga menyuarakan sambutan positif atas langkah Shin Tae-yong merekrut pelatih striker baru untuk Timnas Indonesia. 

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu tak segan mengakui bahwa skuad Garuda memang masih lemah di area serangan, sehingga butuh sosok pendukung untuk mendongkrak kualitasnya. 

"Ya memang untuk tingkatkan kualitas timnas, kita harus memperkuat tim ya kedokteran, medis, pelatih," ucap Erick Thohir saat ditemui Liputan6.com dan awak media lain di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024) lalu. 

"Kalau kita lihat, salah satu kelemahan kita ketika bermain beberapa kali, misalnya lawan Irak, kita tidak bisa mencetak gol. Lalu di babak kedua kita malah kena (kebobolan) dua gol."

"Memang (penting) bagaimana kita meningkatkan kualitas dari goal keeper dan striker dengan pelatih yang leih baik. Pelatih goal keeper kita baik, sekarang STY tambah pelatih untuk striker," tandas Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Tatap Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kedatangan Yeom Ki-hun sebagai asisten pelatih bakal menjadi suntikan berharga buat Timnas Indonesia yang sudah ditunggu agenda penting. Anak-anak asuh Shim Tae-yong dijadwalkan memulai perjuangan di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Tercatat, pasukan Garuda bakal bersaing dalam grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Laga pertama Timnas Indonesia melawan Arab Saudi rencananya akan dilangsungkan di Riyadh pada 5 September, sementara duel kedua melawan Australia diharapkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) 5 hari berselang. 

Asisten pelatih Nova Arianto hingga kini mengaku belum mengetahui tanggal spesifik rekan kerja barunya, Yeom Ki-hun, bakal bergabung dengan skuad Garuda. Walau begitu, dia mengonfirmasi Shin Tae-yong akan tiba di Indonesia pada 11 Agustus.

"Saya jujur belum ada komunikasi, ya (dengan Yeom Ki-hun). Kalau Coach Shin kan tanggal 11 tiba," ujarnya, mengutip pemberitaan Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.