Sukses

5 Pemain yang Berpeluang Tinggalkan Barcelona pada Musim Panas 2024: Jadi Sumber Dana di Tengah Krisis Finansial

Barcelona nampaknya siap melepas beberapa nama di jendela transfer musim panas 2024. Klub raksasa Catalan butuh asupan dana tambahan lewat penjualan pemain agar bisa mendanai aktivitas di sisa bursa kali ini. Siapa saja nama yang berpotensi dilego oleh Barcelona?

Liputan6.com, Jakarta Barcelona nampaknya bakal siap melepas beberapa nama di bursa transfer musim panas 2024. Klub raksasa Catalan sudah lama dikabarkan bergelut dengan situasi finansial, sehingga mereka butuh asupan dana tambahan lewat penjualan pemain.

Belum lagi, Barca baru-baru ini mengalami perubahan signifikan di kursi pelatih. Juru taktik Xavi Hernandez tak lagi menukangi tim LaLiga, dengan mereka telah menunjuk Hansi Flick sebagai suksesor.

Laporan Football Transfers pun mengeklaim presiden Joan Laporta berambisi menghadirkan sejumlah amunisi bintang buat mendukung pelatih anyarnya.

Hal itu juga merpakan bentuk upaya mendongkrak penampilan tim musim depan, setelah mereka gagal mempertahankan gelar juara LaLiga di kampanye sebelumnya serta terhenti dalam perempat final Liga Champions 2023/2024.

Sejumlah pemain lantas sudah dikaitkan dengan pintu keluar Barca. Penjualan mereka bakal membantu mendanai aktivitas klub di sisa bursa transfer musim panas 2024.

Laporan yang beredar menunjukkan ada setidaknya 5 penggawa yang berpotensi besar dilego pertengahan tahun ini. Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan secara mengejutkan masuk dalam daftar penggawa yang dikaitkan dengan pintu keluar Barcelona di bursa transfer musim panas 2024.

Padahal, pesepak bola brusia 33 tahun itu baru semusim mengenakan seragam klub Catalan usai hijrah dari tim raksasa Liga Inggris Manchester City pada musim panas lalu.

Laporan Football Transfers mengungkap Barcelona memang terbuka pada potensi menjual Gundogan apabila menemukan harga yang tepat. Kabar ini pun sontak memicu minat dari luar negeri.

Klub besutan Jose Mourinho Fenerbahce jadi salah satu yang diklaim berminat mendatangkan pemain Jerman, meski agen Gundogan konon telah menepis spekulasi terkait hal ini.

3 dari 6 halaman

2. Inigo Martinez

Bek tengah Inigo Martinez didatangkan secara gratis dari Athletic Bilbao pada musim panas 2023. Akan tetapi, dia gagal memberi dampak signifikan sejak bergabung dengan Barcelona.

Football Transfers mencatat Martinez jarang tampil bersama skuad raksasa Catalan. Situasi ini membuat Barca diklaim akan berupaya aktif membantu mencarikan klub baru bagi pesepak bola berusia 33 tahun, meski kontraknya bersama Blaugrana sejatinya masih berlaku sampai 2025.

4 dari 6 halaman

3. Ansu Fati

Ansu Fati merupakan pemain muda yang pernah digadang-gadang sebagai the next Lionel Messi. Akan tetapi, dia berpotensi besar diplot jadi salah satu penghasil uang di bursa transfer musim panas 2024.

Penyebabnya, pesepak bola berusia 21 tahun itu jarang tampil mengesankan. Dia cuma menghabiskan musim 2023/2024 dengan dipinjamkan ke Brighton dan kerap diganggu masalah cedera.

Fati sendiri sebenarnya sudah dikaitkan dengan kepindahan permanen dari Barcleona tahun lalu. Hanya saja, klub Catalan ketika itu lebih memilih memberi dia kesempatan kedua guna membuktikan dirinya sebagai pemain pinjaman. Kebijakan serupa pun nampaknya tak akan diambil lagi oleh hierarki klub musim panas ini, sebab kesabaran mereka diklaim sudah habis.

5 dari 6 halaman

4. Raphinha

Penampilan Raphinha dipandang mengecewakan sejak dia datang ke Barcelona. Meski kinerjanya cukup dahsyat di Liga Champions, utamanya saat melawan PSG, sang pemain belum konsisten dan masih kurang dari standar penyerang yang dibutuhkan klub Catalan.

Alhasil Raphinha turut dikaitkan dengan pintu keluar Blaugrana di bursa transfer musim panas 2024. Dia digadang-gadang bisa kembali ke Inggris, dengan Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Liverpool mulai dikaitkan pada mantan bintang Leeds sejak beberapa bulan terakhir.

6 dari 6 halaman

5. Frenkie de Jong

Masuknya Frenkie de Jong dalam daftar jual Barcelona bisa dibilang setengah mengejutkan dan setengah tidak. Meski merupakan salah satu sosok penting di klub, pesepak bola asal Belanda sudah hampir dilepas ke Manchester United pada musim panas 2022.

Barcelona kala itu menunjukkan sinyal ingin membiarkan De Jong pergi dengan menerima tawaran 85 juta euro yang diajukan MU. Mereka bahkan menjelaskan bahwa pihaknya memang ingin sang pemain pindah ke Old Trafford, sebelum Frenkie de Jong kekeh memilih bertahan di Camp Nou.

Kini, laporan Football Transfers menyebut klub raksasa Catalan kembali bersedia melepas mantan penggawa incaran Setan Merah. Mereka bahkan diklaim rela memasang harga murah meriah, yakni hanya di kisaran 35 hingga 40 juta euro lantaran tak ingin De Jong terus bertahan di klub sampai kontraknya berakhir pada 2026 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.