Sukses

Veddriq dan Rizki Dapat Bonus Olimpiade 2024 Rp6 Miliar, Gregoria Rp1,65 Miliar

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengumumkan secara detail bonus untuk atlet Indonesia yang sukses meraih medali di Olimpiade 2024 saat menyambut kepulangan dua peraih emas Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengumumkan secara detail bonus untuk atlet Indonesia yang sukses meraih medali di Olimpiade 2024 saat menyambut kepulangan dua peraih emas Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Rizki dan Veddriq tiba di Jakarta, Selasa (13/8/2024) malam WIB. Mereka langsung disambut Menpora, member IOC Erick Thohir, ketua FPTI Yenny Wahid hingga Sekjen PABSI Djoko Pramono.

Saat menyambut kedua atlet peraih emas, Dito langsung mengumumkan secara detail bonus untuk peraih medali di Olimpiade Paris 2024. Veddriq dan Rizki yang merebut emas akan diguyur bonus Rp 6miliar oleh pemerintah Indonesia.

Sedangkan Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis yang mendapat perunggu akan diganjar bonus Rp1,65 miliar. Bonus untuk peraih emas sudah diumumkan Presiden Joko Widodo di IKN beberapa jam lalu. Sedangkan bonus untuk Gregoria baru diumumkan Menpora di Bandara Soetta.

Pelatih yang membantu Veddriq, Rizki, hingga Gregoria juga akan meraih bonus. Untuk pelatoh yang meraih emas memperoleh Rp2,75 miliar. Sedangkan perunggu Rp675 juta.

Para atlet yang ikut bertarung di Olimpiade 2024 mewakili Indonesia juga akan mendapat bonus dari pemerintah. "Untuk atlet dan pelatih yang ikut Olimpiade tapi belum mendapat medali sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kita kasih bonus juga tapi nominalnya akan diumumkan nanti," ujar Menpora Dito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di Tanah Air, Rizki dan Veddriq Dapat Sambutan Meriah

Dua peraih medali emas Indonesia di Olimpiade 2024 sudah tiba di Tanah Air. Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (13/8/2024) malam WIB.

Veddriq dan Rizky pulang bersama CdM Olimpiade 2024 Anindya Bakrie serta atlet angkat besi dan panjat tebing lainnya seperti Nurul Akmal, Rahmad Adi Mulyono, Rajiah Sallsabillah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi beserta para pelatihnya.

Kedatangan kedua peraih medali emas Olimpiade 2024 ini disambut oleh Menpora Dito Ariotedjo, IOC Member Erick Thohir, ketua umum Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid, sekjen PABSI Djoko Pramono serta Pejabat Gubernur Kalimantan Barat dan Banten daerah asal kedua atlet.

Kedua orang tua Veddriq Leonardo dan Rizki juga turut menunggu di ruang VVIP Bandara Soekarno-Hatta. Begitu tiba keduanya langsung dikalungi bunga oleh Erick dan Dito.

Bonus besar akan didapat Veddriq dan Rizki. Presiden Joko Widodo beberapa jam sebelum keduanya mendarat sudah mengumumkan akan memberikan bonus Rp 6 miliar untuk para peraih medali emas.

Sambutan meraih diberikan karena Veddriq dan Rizki menorehkan sejarah baru sebagai atlet Indonesia pertama di luar bulu tangkis yang bisa merebut medali emas Olimpiade. Sebelumnya delapan emas selalu diraih oleh badminton

3 dari 3 halaman

Rizki dan Veddriq Ikut Upacara Penutupan Olimpiade 2024

Sebelum pulang ke Indonesia, Rizki dan Veddriq mewakili Indonesia pada upacara penutupan Olimpiade Paris, Senin (12/8/2024) dini hari WIB. 

Rizki Juniansyah selaku penyumbang emas kedua sekaligus atlet angkat besi pertama Indonesia yang mampu naik ke podium tertinggi Olimpiade ditunjuk sebagai pembawa bendera dalam defile opening ceremony.

Veddriq ikut dalam rombongan Merah Putih yang berkekuatan 15 orang, termasuk duo perwakilan CdM Arkan Lukman dan Zaenal Asikin, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (PB FPTI) Yenny Wahid, pelatih panjat tebing Triyanto Budi Santosa, pelatih angkat besi Triyatno, serta rekan-rekan sesama atlet Nurul Akmal, Rahmad Adi Mulyono, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah.

"Closing ceremony ini menjadi sangat menegsankan karena pertama, atlet yang mendapatkan medali emas ikut satu defile. Ini sesuatu yang spesial bagi mereka bisa tampil di defile dengan bermodalkan medali emas yang mereka raih di Olimpiade Paris 2024," ucap Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Anindya Bakrie.

Selaras dengan pernyataan Anindya Bakrie, Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo sendiri nampaknya memang turut merasakan suasana spesial yang menyelimuti defile Tim Indonesia saat closing ceremony Olimpiade 2024.

Duo atlet Tanah Air peraih medali emas nampak semringah kala hadir dalam balutan kostum berwarna dominan putih, disertai list merah pada bagian tangan dan kaki, lengkap dengan topi hitam di kepala.

Rizki, yang diberi tugas membawa bendera Merah Putih selama prosesi tersebut, turut busana dengan kacamata neon. Sementara itu, Veddriq tampil tak kalah bahagia ketika ikut dalam rombongan dengan didampingi Ketum FPTI Yenny Wahid sembari membawa bendera kecil di tangan.

Adapun pasca penutupan Olimpiade Paris 2024, kedua atlet peraih emas akan segera kembali ke Tanah Air bersama rekan-rekan secabornya pada Selasa (13/8/2024). Tim angkat besi dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pukul 22.10 WIB, sementara pasukan panjat tebing landing tak lama setelahnya, yakni pukul 22.15 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.