Sukses

Darts National Competition Series 04 Digelar 17 dan 18 Agustus 2024, Diikuti 28 Atlet

Darts National Competition Series 04 bakal seru dan menjadi penentuan nasib para atlet darts nasional.

Liputan6.com, Jakarta- Darts National Competition Series 04 akan berlangsung di momen perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 dan 18 Agustus 2024 di Bay Walk Mall Pluit. 28 atlet darts akan ikut serta. Series 04 terasa spesial karena selain berpacu untuk mengumpulkan sebanyak mungkin point, para pemain juga akan berjuang untuk mendapatkan satu tiket untuk mewakili Indonesia ke babak utama PDC Asian Championship 2024 di Manila pada Oktober mendatang.

PDC Asian Championship adalah kompetisi steel tip darts tingkat Asia yang diselenggarakan oleh Professional Darts Corporation (PDC), organisasi darts professional yang berbasis di Essex, Inggris, United Kingdom. 48 Pemain Darts dari Asia akan berjibaku di babak utama untuk memperebutkan total hadiah 120.000 dolar Amerika Serikat di PDC Asian Championship 2024 Manila.

Darts National Competition sebagai satu-satunya kompetisi steel tip darts di Indonesia diakui dan diadopsi oleh PDC sebagai salah satu babak kualifikasi PDC Asian Championship 2024 sehingga satu slot pemain untuk berlaga di babak utama akan ditentukan di Darts National Competition 2024.

Menurut Reza El Rasie, Project Manager Darts National Competition 2024, drawing group sudah dilakukan secara daring pada 13 Agustus 2024. 28 Pemain dibagi kedalam delapan group. Masing-masing group akan diisi oleh 3 hingga 4 pemain.

“Diadopsinya Darts National Competition sebagai salah satu PDC Asian Championship 2024 Qualify secara langsung telah meningkatkan kualitas dan kuantitas pemain darts yang berpartisipasi di Darts National Competition Series 04 kali ini. Para pemain juga meningkat semangat kompetisinya karena ada special reward berupa satu tiket babak utama PDC Asian Championship 2024. Untuk format kompetisi tidak ada perubahan, masih sama dengan series-series sebelumnya, Single Round Robin to Knock Out dengan format permainan 501 Best of Three untuk Babak Kualifikasi hingga Quartrer Finals dan 501 Best of Five untuk Babak Semi Finals, Third Place dan Grand Final.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Group

Group A bakal dihuni pemain darts kawakan Suwendi, Jens Hennig, Charista Tjitrawidjaja dan Yovi Handian. Suwendi adalah Runner Up Darts National Competition Series 02. Saat ini, Suwendi menempati posisi ranking ke-4 di IEG Sports Darts Player Ranking dengan raihan 734 Point. Jens Hennig dan Charista Tjitrawidjaja masing-masing berada di posisi ranking 32 dan 47 di IEG Sports Darts Ranking. Sementara Yovi Handian adalah pemain yang baru kali pertama berpartisipasi di Darts National Competition.

William Lee yang saat ini ada di peringkat 5, IEG Sports Darts Player Ranking dengan koleksi 514 Point akan melalui babak kualifikasi di Group B bersama dua pemain darts perempuan Indonesia, Jessica Christina yang akan mencoba untuk memperbaiki performa nya yang menurun di Darts National Competition dan Angelika Friskylia yang bertekad untuk lolos ke babak knock out untuk kali pertama.

Group C diisi oleh Runner Up Darts National Competition Series 03, Jordhie Indra, Pemain muda darts, Mario Kao. Captain Pirates Darts Club, Raymond Setiawan dan pemain debutan di Darts National Competition, Franky Triputra. Sementara itu, Dua pemain darts senior Rudy S Rustandi dan James Chia akan ditantang oleh Putra Fajar Utama di Group D.

Samuel Valerian yang performanya sedang menanjak setelah menempati peringkat ketiga di Darts National Competition Series 03 akan berjibaku dengan Richard Kusmandi, Johann Hartono dan Bimo Setyoadi untuk lolos ke babak Knock Out di Group E. Stepfanus Putera, Sergio Stephen dan pendatang baru Charistabella Tjitrawidjaja mengisi Group F.

Juara Darts National Competition Series 03, Benny Tandean akan meladeni Rio Hartono dan dua pendatang baru, Sunny Kings Handoko dan Yandra Rizano di Group G. Frangky, Indra Omar dan Alexander Theodore menjadi 3 pemain yang menjalani babak kualifikasi di Group H.

3 dari 3 halaman

Gandeng Dartslive

Selain menjadi ajang penentuan satu tiket ke babak utama PDC Asian Championship 2024 Manila, Darts National Competition Series 04 kali ini juga akan ada eksibisi soft tip darts machine Dartslive. Indonesia Entertainment Group (IEG) bekerja sama dengan Dartslive akan menghadirkan 4 soft tip darts machine Dartslive yang bisa dicoba oleh semua pengunjung secara gratis.

“Dartslive merasa bangga bisa ikut hadir di Darts National Competition Series 04 kali ini. Geliat olahraga darts di Indonesia kembali terasa dengan adanya event kompetisi ini. Apalagi kompetisi ini juga sudah mendapat pengakuan dan diadopsi oleh PDC sebagai babak qualifikasi untuk PDC Asian Championship. Kami dari Dartslive berkomitmen akan berkontribusi dan memberikan support maksimal untuk pengembangan olahraga darts di Indonesia. Kedepan kami berharap dapat bekerjasama dengan semua pihak untuk pengembangan olahraga darts di Indonesia” ujar Bimo Setiawan, CEO MIX Network, ekslusive distributor Dartslive di Indonesia.

Dartslive adalah provider soft tip darts machine terkemuka asal Jepang yang kerap dijadikan indikator untuk standarisasi permainan soft tip darts di dunia.

Dartslive memiliki ekosistem industry olahraga darts yang komplit mulai dari equipment, kompetisi berjenjang hingga pelatihan dan pengembangan pemain. Dartslive sempat eksis dan merajai ekosistem olahraga darts di Indonesia sebelum pandemic covid-19 melanda. Kini Dartslive kembali hadir di Indonesia, seiring dengan bangkitnya eksistensi olahraga darts akhir-akhir ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini