Sukses

Tatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia Jajal Menu Latihan Taktik di Bali

Timnas Indonesia U-17 memasuki babak baru dalam persiapan jelang menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Skuad racikan Nova Arianto menjajal menu latihan taktik dalam sesi pemusatan latihan (TC) mereka di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 mulai memasuki babak baru dalam persiapan jelang menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Skuad racikan Nova Arianto masih menjalani pemusatan latihan dan menjajal menu latihan taktik di Bali.

Seperti diketahui, Garuda Muda sebelumnya membawa lebih dari 30 nama guna mengikuti TC di Pulau Dewata. Agenda ini menjadi sarana memanaskan mesin jelang memperebutkan tiket putaran final Piala Asia U-17 lewat laga kualifikasi di Kuwait pada 19 hingga 27 Oktober mendatang.

Nova Arianto menjelaskan, nama-nama yang dipilih mengikuti TC Timnas Indonesia U-17 merupakan gabungan dari skuad Piala AFF U-16 serta sejumlah penggawa yang sempat mengikuti seleksi di Jakarta. Mereka bertolak ke Bali sejak 12 Agustus lalu, dan telah melakoni persiapan umum selama seminggu yang meliputi pembentukan fisik dasar pemain.

Adapun Garuda Muda kini pindah tempat latihan, dari yang sebelumnya Bali United Training Center, Gianyar, menjadi Lapangan Trisakti, Kuta. Anak-anak asuh Nova selanjutnya akan fokus mendapat materi teknik dan taktik sebelum turun dalam uji coba melawan India pada 25 dan 27 Agustus 2024.

"Kita menyelesaikan satu Minggu TC di Bali, di mana pemain fokus pada persiapan umum, bagaimana membentuk fisik dasar pemain. Setelah satu minggu kita buat, kita pindah ke daerah Kuta di lapangan Trisakti," ujar Nova Arianto dalam pernyataannya di situs resmi PSSI.

"Kali ini fokus kita adalah persiapan untuk melawan India di tanggal 25 dan 27. (Para pemain) sudah mulai terbiasa dengan persiapan umum, jadi Minggu ini kita akan fokus ke teknik," tambah juru taktik berusia 44 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nova Arianto Coret Pemain

Sayangnya, tak semua penggawa yang dibawa Nova Arianto berkesempatan menjajal latihan taktikal bersama Timnas Indonesia U-17. Hal itu lantaran sang pelatih sudah mencoret 3 nama, yakni Faril Afdarul Yadi, Dendry Muharman, dan Atletico Artha Gading.

Nova mengeklaim trio pemain dikembalikan ke klub masing-masing. Juru taktik berusia 44 tahun juga belum bisa memastikan apakah penggawa-penggawa tersebut dapat dibawa mengikuti TC lanjutan di Spanyol.

"Tiga pemain sudah kita kembalikan ke klub, jadi sekarang tinggal bertahan 31 pemain, mereka akan dilihat lagi, apa bisa dibawa ke Spanyol atau tidak," ucap Nova Arianto.

"Matthew Baker akan tiba hari ini (Senin, 19 Agustus), kalau Lucas sudah tiba kemarin, saya berharap kehadiran mereka bisa membantu tim," tandasnya..

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-17 Masuk Grup G Kualifikasi Piala Asia

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam grup G Kualifikasi Piala Asia U-17. Skuad racikan Nova Arianto nantinya akan menjajal persiangan dengan 3 rival, yakni Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Timnas Indonesia harus menyabet predikat jaura grup, atau setidaknya masuk jajaran runner-up terbaik guna mengamankan tiket menuju putaran final.

Pasalnya menurut regulasi, hanya 10 tim juara grup ditambah 5 runner-up terbaik yang berkesempatan melenggang ke kompetisi di Arab Saudi pada 3 sampai 20 April 2025 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.