Sukses

Gabung TC Timnas Indonesia, Ini Harapan Matthew Baker di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Bek Melbourne City Matthew Baker bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Bek Melbourne City Matthew Baker bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali.

Baker mengaku sangat antusias bisa bergabung kembali dengan rekan-rekannya di timnas yang banyak diisi oleh skuad Piala AFF U-16 2024 beberapa bulan lalu.

“Saya senang bisa bergabung kembali dengan tim, bersama teman-teman yang lainnya juga. Selalu antusias bisa kembali dalam lingkungan yang bagus ini, saya sangat bersemangat dan gembira bisa berprogres positif bersama rekan-rekan satu tim lainnya,” ujar Matthew Baker, dikutip laman resmi PSSI.

Kedatangan Baker menambah kekuatan tim dan melengkapi lini belakang timnas yang tengah bersiap menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Jelang ajang itu, pasukan Nova Arianto bakal melakoni dua uji coba melawan India pada 25 Agustus dan 27 Agustus mendatang.

“Saya berharap dengan tim ini, bisa sukses di kualifikasi Piala Asia U-17 dan menjadi pemimpin klasemen grup, kemudian bisa bermain di Piala Dunia U-17 tahun depan," kata Baker.

"Terdekat adalah bisa mencuri kemenangan saat kami dua kali berhadapan dengan India di laga uji coba,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Indonesia melakoni kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Kuwait pada 19-27 Oktober 2024. Garuda Nusantara masuk Grup G bersama tuan rumah, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Hanya juara dan lima runner-up dari 10 grup yang lolos ke turnamen utama. Kompetisi itu berlangsung di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

Timnas Indonesia U-17 terus mematangkan persiapan dengan menggelar latihan taktikal. Mereka bertolak ke Bali sejak 12 Agustus lalu, dan telah melakoni persiapan umum selama seminggu yang meliputi pembentukan fisik dasar pemain.

"Kita menyelesaikan satu Minggu TC di Bali, di mana pemain fokus pada persiapan umum, bagaimana membentuk fisik dasar pemain. Setelah satu minggu kita buat, kita pindah ke daerah Kuta di lapangan Trisakti," ujar Nova Arianto dalam pernyataannya di situs resmi PSSI.

"Kali ini fokus kita adalah persiapan untuk melawan India di tanggal 25 dan 27. (Para pemain) sudah mulai terbiasa dengan persiapan umum, jadi Minggu ini kita akan fokus ke teknik," tambah juru taktik berusia 44 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Nova Arianto Coret Pemain Timnas U-17 Indonesia

Sayangnya, tak semua penggawa yang dibawa Nova Arianto berkesempatan menjajal latihan taktikal bersama Timnas Indonesia U-17. Hal itu lantaran sang pelatih sudah mencoret 3 nama, yakni Faril Afdarul Yadi, Dendry Muharman, dan Atletico Artha Gading.

Nova mengeklaim trio pemain dikembalikan ke klub masing-masing. Juru taktik berusia 44 tahun juga belum bisa memastikan apakah penggawa-penggawa tersebut dapat dibawa mengikuti TC lanjutan di Spanyol.

"Tiga pemain sudah kita kembalikan ke klub, jadi sekarang tinggal bertahan 31 pemain, mereka akan dilihat lagi, apa bisa dibawa ke Spanyol atau tidak," ucap Nova Arianto.

"Matthew Baker akan tiba hari ini (Senin, 19 Agustus), kalau Lucas sudah tiba kemarin, saya berharap kehadiran mereka bisa membantu tim," tandasnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.