Sukses

Thailand Jadi Seri Pembuka MotoGP 2025, Asia Tenggara Akhiri Penantian 28 Tahun

Thailand resmi menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP untuk musim 2025 dan 2026. Ini menjadi kali pertama Asia Tenggara menggelar balapan pertama Kejuaraan Dunia Balap Motor dalam lebih dari 25 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand resmi menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP untuk musim 2025 dan 2026. Ini menjadi kali pertama Asia Tenggara menggelar balapan pertama Kejuaraan Dunia Balap Motor dalam lebih dari 25 tahun.

Pada keterangan resminya, Dorna Sports menyebut Sirkuit Internasional Chang di Buriram akan menjadi tuan rumah seri pembuka MotoGP 2025 pada 2 Maret. Tanggal tersebut masih berstatus sementara.

“Kami sangat gembira mengumumkan bahwa pembuka musim 2025 dan 2026 adalah Grand Prix Thailand di Buriram. Asia Tenggara adalah salah satu pasar terpenting kami, baik untuk olahraga ini maupun untuk pabrik dan mitra kami,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta pada keterangan resmi.

Ezpeleta menyebut Thailand merupakan pasar utama bagi MotoGP dengan produsen, mitra, dan penggemar yang begitu masif.

“Thailand memainkan peran utama dalam hal itu dan semangatnya terlihat jelas dari kerumunan besar yang kami nikmati di Buriram setiap tahun. Kami tahu mereka akan menciptakan suasana yang luar biasa untuk acara pertama musim ini,” ungkapnya.

MotoGP Thailand pertama bergulir pada 2018. Sejauh ini, lebih dari 800 ribu penggemar telah memadati Buriram untuk menikmati olahraga yang telah digelar selama empat kali di trek tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Thailand Siap Untung Jadi Seri Pembuka MotoGP

Gubernur Otoritas Olahraga Thailand Gongsak Yodmani mengatakan menyadari banyaknya manfaat sebagai tuan rumah pembuka musim MotoGP.

Menurut dia, hal itu dapat membuka banyak peluang penting untuk merangsang ekonomi dan menghasilkan pendapatan besar sejalan dengan kebijakan sportourism.

“Salah satu faktor yang akan membuat musim 2025 menjadi sangat menarik adalah pergerakan pembalap yang signifikan antartim. Hal ini niscaya akan memikat penggemar MotoGP di seluruh dunia karena mereka sangat menantikan untuk melihat pembalap papan atas mengendarai motor baru mereka untuk pertama kalinya di Sirkuit Internasional Chang,” jelas Yodmani.

“Selain itu, Dorna Sports sebagai penyelenggara acara memiliki rencana untuk mempromosikan pembukaan musim secara luas guna meningkatkan kesadaran di kalangan penggemar olahraga bermotor di seluruh dunia. Ini akan meningkatkan visibilitas putaran Thailand dan menjadikannya sebagai tujuan yang wajib dikunjungi bagi penggemar MotoGP dari seluruh dunia,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Seri Pembuka MotoGP

Terakhir kali Asia Tenggara melangsungkan seri pembuka musim Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 1997. Kala itu balapan pertama bergulir di Sirkuit Shah Alam, Malaysia.

Qatar sebelumnya melangsungkan balapan pertama pada 2007-2023, kecuali 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun, negara Timur Tengah itu kembali menggelar seri pembuka tahun ini.

Rumor yang beredar India bakal menjadi ajang kedua setelah Thailand tahun 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini