Sukses

Keputusan Kontroversial Fans Dortmund Terhadap Sponsor Digadang Ada Keterkaitannya Dengan Produsen Senjata

Para pendukung Borussia Dortmund berencana melakukan protes besar-besaran sebelum memulai musim Bundesliga karena kesepakatan sponsor yang membuat klub dengan Rheinmetall, produsen senjata Jerman.

Liputan6.com, Jakarta- Para pendukung Borussia Dortmund berencana melakukan protes besar-besaran sebelum memulai musim Bundesliga 2024/2025 karena kesepakatan sponsor klub dengan produsen senjata Jerman, Rheinmetall.

Pada hari Rabu (21/8/2024), lebih dari sembilan puluh kelompok penggemar Dortmund menyatakan, "Kami tidak akan membiarkan diri kami terikat pada kereta Anda." 

"Kami dengan tegas menolak gagasan bahwa manajemen dan komite-komitenya di BVB telah sepakat untuk menggunakan daya tarik Borussia Dortmund untuk meningkatkan citra publik perusahaan senjata dan mengabaikan nilai-nilai mereka sendiri dalam proses tersebut."

Pada tanggal 29 Mei, tiga hari sebelum pertandingan final Liga Champions melawan Real Madrid, Dortmund mengumumkan penandatanganan kesepakatan sponsor tiga tahun dengan Rheinmetall yang berbasis di Dusseldorf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahun ini Rheinmetall, produsen amunisi terbesar di dunia, berharap dapat mencetak rekor penjualan grup sekitar 10 miliar euro atau 11,1 miliar dolar Perdagangan terbantu oleh konflik di Ukraina dan tempat lain.

Pada bulan Februari, perusahaan mengumumkan bahwa sedang membangun pabrik baru di tempat yang ada di Unterluess, Jerman utara. Pabrik ini akan dapat memproduksi 200.000 peluru artileri, 1.900 ton bahan peledak, mungkin juga mesin roket dan hulu ledak setiap tahun. 

Perusahaan tersebut, yang didirikan pada tahun 1889 sebagai "Rheinische Metallwaaren- und Maschinenfabrik Actiengesellschaft," adalah salah satu produsen senjata terbesar di Jerman selama kedua Perang Dunia. Selama Perang Dunia II, perusahaan tersebut menggunakan tenaga kerja paksa.

Menurut Sudtribune, berita mengenai sponsor Rheinmetall dengan Dortmund datang sebagai "kejutan". Mereka juga menyatakan bahwa perwakilan penggemar tidak diajak berbicara selama negosiasi.

Kelompok tersebut menyatakan, “Dampak negatif pada penggemar secara sadar diperhitungkan.” "Waktu (pengumuman) menunjukkan reaksi terhadap keputusan kontroversial yang dimaksudkan untuk dibayangi oleh pelaporan tentang final Liga Champions."

3 dari 3 halaman

Bentuk Dukungan Fans

Sudtribune meminta semua penggemar Dortmund yang akan bermain melawan Eintracht Frankfurt di kandang hari Sabtu untuk menyatakan persetujuan mereka terhadap kesepakatan tersebut.

Sudtribune menyatakan, "Harap menyiapkan tanda atau spanduk yang dapat anda gunakan untuk menyampaikan kritik Anda pada awal babak kedua." 

Penyelenggara petisi terhadap kesepakatan mengatakan mereka akan berunjuk rasa di luar stadion dengan membawa tank yang dihias dengan warna Dortmund dan seorang aktivis yang berpakaian seperti kepala eksekutif Rheinmetall Armin Papperger. Mereka bermaksud memajang tanda-tanda di sekitar stadion dan membagikan brosur.

Kesepakatan tersebut sebelumnya didukung oleh ketua Dortmund Hans-Joachim Watzke.

Watzke menyatakan, "Kita harus menghadapi kenormalan baru ini ketika kita melihat bagaimana kebebasan dipertahankan di Eropa setiap harinya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini