Sukses

Manuel Neuer Mundur dari Timnas Jerman Setelah 125 Pertandingan

Setelah Thomas Müller, Toni Kroos, dan Ílkay Gündogan, kini Manuel Neuer kiper legendaris Jerman, juga memutuskan pensiun dari tim Nasional. Keputusan ini mengakhiri era gemilang salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Thomas Müller, Toni Kroos, dan Ílkay Gündogan, kini Manuel Neuer kiper legendaris Jerman, juga memutuskan pensiun dari tim Nasional. Keputusan ini mengakhiri era gemilang salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah sepak bola.

Neuer mengumumkan pensiun melalui video emosional di media sosial dan mengenang momen-momen berharga dalam karir Internasionalnya, termasuk kemenangan 1-0 Jerman atas Argentina di final Piala Dunia 2014 dan kebanggaanya sebagai kapten tim.

"Terima kasih, Jerman! Merupakan kehormatan besar bagi saya mengenakan seragam tim nasional," ujar Neuer dalam video tersebut.

Dengan pensiunnya Neuer, Jerman kehilangan salah satu pilar pertahanan mereka, tetapi warisannya akan terus dikenang oleh para penggemar sepak bola.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Sang Kapten

Neuer baru saja mengumumkan pensiun dari tim nasional Jerman meskipun secara fisik dalam kondisi prima. Dia menyatakan, “ Setelah banyak diskusi yang intens dan panjang dengan keluarga dan teman-teman saya, saya telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk menutup babak saya di National Eleven.”

Dalam kesempatan yang sama, Neuer menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam kepada para penggemar, “Terima kasih banyak kepada semua staf, pengawas, pelatih, dan sesama pemain yang telah mendukung saya sejak debut saya di tim nasional pada 2 Juni 2009. Dan saya terutama ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda, para penggemar terkasih, karena telah mendukung saya selama ini !”

Meski kontraknya dengan Bayern München hingga 2025, Neuer akan fokus pada tugas klubnya setelah pensiun dari tim nasional. Marc-André ter Stegen kemungkinan akan menggantikan posisi kiper utama Jerman, dan akan terus berkarir di level klub dengan semangat yang sama.

3 dari 3 halaman

Away yang Berakhir Indah

Pada 2 Juni 2009, Manuel Neuer melakoni debut internasionalnya dengan tim nasional Jerman dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Uni Emirat Arab. Di usia 23 tahun, Neuer tampil penuh percaya diri dan membantu Jerman meraih kemenangan telak 7-2.

Setahun kemudian, Neuer memulai debutnya di Piala Dunia FIFA 2010. Meskipun hanya mencetak satu gol di fase grup, ia berperan penting, termasuk membantu Miroslav Klose mencetak gol melawan Inggris di babak 16 besar. Namun, Jerman tersingkir oleh Spanyol di semifinal, menunda ambisi Neuer meraih kejayaan Piala Dunia. Ini menandai awal perjalanan karirnya yang penuh tantangan.

Puncak karier Manuel Neuer bersama Jerman terjadi di Piala Dunia 2014, saat timnya juara setelah mengalahkan Argentina 1-0 di final. Meski berperan besar dalam kemenangan tersebut, Neuer adalah satu-satunya pemain dari skuad juara yang pensiun dari sepak bola Internasional setelah turnamen.

Neuer telah mengumpulkan 124 caps untuk Jerman, menjadikannya sebagai pemain kelima dengan penampilan terbanyak dalam sejarah tim, di belakang Lukas Podolski (130 caps), Thomas Müller (131 caps), Miroslav Klose (137 caps), dan Lothar Matthäus (150 caps). Dia juga mencatatkan 51 clean sheet dan kebobolan 118 gol, dengan rata-rata hanya 0,9 gol per pertandingan. Statistik ini menunjukkan betapa solidnya performa Neuer sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.