Sukses

Menpora dan PBSI Pastikan Indonesia akan Punya Sport Center Bulu Tangkis

Pembangunan Sport Center Bulu Tangkis rencananya akan dimulai pada September 2024. Ada dua opsi lokasi.

Liputan6.com, Jakarta- Bulu tangkis Indonesia mengalami penurunan prestasi. Di Olimpiade 2024, Indonesia gagal mempertahankan tradisi emas dari cabang olahraga bulu tangkis. Perbaikan akan segera dilakukan dengan membangun sport center bulu tangkis.

Kepastian tersebut didapat setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) M. Fadil Imran beserta jajaran di Kemenpora, Jakarta, Kamis (22/8).

Pertemuan ini membahas rencana pembangunan sport center dan dukungan sport science cabang olahraga bulutangkis. Menpora Dito mengatakan fasilitas tersebut nantinya akan berstandar Badminton World Federation (BWF).

"Minimal standar BWF, kalau bisa diatasnya," ujar Menpora Dito.

Menpora Dito mengatakan, lokasi pembangunan sport center itu nantinya memiliki dua opsi. Pertama adalah merenovasi Pelatnas PBSI. Kemudian ada opsi lain membangun gedung di lokasi lain dengan kandidatnya berada di Subang.

"Yang pasti dua opsi tersebut dijajaki. Lokasi Cipayung (Pelatnas PBSI) tidak akan ditinggalkan, minimal di modernisasi. Kita akan melihat pembangunan sport center itu apakah baiknya di Cipayung atau potensi dibangun di lokasi baru yang rencananya di Subang," terang Menpora Dito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai September 2024

Lebih lanjut, Menpora Dito bilang pembangunan sarana olahraga tersebut dilakukan secara bertahap. Direncanakan akan dilaksanakan groundbreaking pada September 2024.

"Ini bertahap ya, bulan September itu semoga bisa groundbreaking dan mudah-mudahan selesai tahun 2025. Makanya kita kerja cepat dan terima kasih juga teman-teman dari PUPR juga tadi sudah ikut rapat," jelas Menpora Dito.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Kualitas Atlet

Sementara itu, Ketua Umum PP PBSI M. Fadil Imran menyampaikan, pembangunan sport center menjadi langkah penting dalam pembinaan dan peningkatan prestasi cabang olahraga bulu tangkis.

Dia menyebut, rencana pembangunan gedung olahraga ini jadi bagian program visi dan misi jangka pendeknya usai terpilih Ketum PBSI periode 2024-2028.

"Ini langkah penting untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan prestasi atlet kita kedepannya," imbuh Fadil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.