Sukses

Juara di Darts National Competition Series 04, Putra Fajar Utama Melesat ke Posisi 2 IEG Sports Darts Player Ranking

Putra Fajar Utama berhak naik ke peringkat 2 klasemen sementara dalam IEG Sports Darts Player Ranking menyusul keberhasilannya keluar sebagai juara Darts National Competiton Series 04.

Liputan6.com, Jakarta Dinamika terjadi di IEG Sports Darts Players Ranking selepas gelaran Darts National Competition Series 04 akhir pekan lalu. Beberapa pemain yang baru berpartisipasi menunjukan performa gemilang, sehingga berhasil menggeser posisi rival-rivalnya dalam klasemen sementara.

Putra Fajar Utama jadi salah satu pemberi kejutan. Dia mendapat tambahan 1213 poin setelah berhasil menjuarai Darts National Competiton Series 04. Raihan tersebut otomatis membuat dia terdongkrak naik dari ranking 18 ke ranking 2 dengan koleksi total 1371 poin. Putra kini terpaut 569 angka dari Tirta Suparjo yang berada di puncak klasemen usai mengumpulkan 1940 poin.

Sementara itu, Benny Tandean, yang keluar sebagai juara Darts National Competition Series 03 harus rela turun peringkat ke urutan tiga IEG Sports Darts Players Ranking. Hal itu terjadi lantaran dia cuma bisa menempati podium ketiga di Darts National Competition Series 04. 

Benny tercatat mendulang tambahan 296 poin, yang membuat total perolehan angkanya mencapai 1324 poin. Dia kini hanya unggul satu setrip dari pemain Darts asal Surakarta, Sunny Kings Handoko, yang baru kali pertama berpartisipasi di Darts National Competition Series 04. 

Adapun Sunny Kings Handoko memang berhak memanaskan persaingan 4 besar lantaran dia keluar sebagai runner-up kompetisi teranyar dan berhasil mengumpulkan 820 poin. Dia kini dibuntuti oleh pemain senior, Rudy Rustandi yang langkahnya terhenti di babak semi final untuk kali kedua, sehingga harus puas menempati posisi 5 dengan perolehan angka 745.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suwendi dan Jordhie Indra Kena Penalti Poin

Di sisi lain, pemain kawakan Suwendi belum berhasil menambah poin di Darts National Competition Series 04. Dia yang mendapatkan 120 poin di Darts National Competition Series 04 kali ini malah terkena penalty point sebesar -139 setelah di babak knock-out dikalahkan oleh Sunny Kings Handoko.

Catatan itu membuat total poin yang dimiliki oleh Suwendi saat ini hanya sebesar 715 poin. Hal tersebut sekaligus mengantar dia menduduki posisi enam IEG Sports Darts Players Ranking.

Selanjutnya, finalis Darts National Competition Series 03 Jordhie Indra juga harus turun ke posisi tujuh IEG Sports Darts Players Ranking. Jordhie terkena dua kali penalty point, yakni -139 saat kalah di babak kualifikasi grup oleh juniornya di Rock ‘n Bull, Mario Kao serta ketika takluk di tangan pendatang baru, Bimo Setyoadi dalam babak knock-out yang menghilangkan -111 poin.

Situasi tersebut membuat Jordhie Indra semantara ini cuma mengoleksi 645 angka serta otomatis terlempar dari persaingan 5 besar sementara.

3 dari 4 halaman

Tentang Penalty Point

Sekadar informasi, penalty point adalah bagian dari format IEG Sports Players Ranking Point System berupa pengurangan poin apabila pemain dikalahkan oleh pemain dengan posisi ranking yang lebih rendah dari ranking yang dimiliki.

Aturan ini tak ayal mewajibkan setiap pemain untuk memenangkan seluruh pertandingan apabila melawan rival yang posisinya ada di bawahnya.

Sebaliknya, apabila seorang pemain bisa mengalahkan pemain yang ranking poinnya berada di atas, maka pemain tersebut akan mendapatkan reward point sebagai bonus tambahan yang besarannya diambil dari penalty point lawannya.

Besaran penalty point dan reward point yang akan diterima oleh pemain adalah 20 persen dari selisih poin antara pemain yang saling poin dalam sebuah pertandingan. Sebagai contoh, apabila pemain A memiliki 100 poin dan pemain B memiliki 80 poin maka akan ada pengurangan 4 poin untuk pemain A sebagai hasil dari 20 persen dari selisih poin 20 antara keduanya, dan akan ada reward point sebesar 4 poin pula untuk Pemain B yang berhasil mengalahkan Pemain A dengan ranking di atasnya.

William Lee, Samuel Valerian dan Indra Omar berturut-turut masuk melengkapi peringkat sepuluh besar IEG Sports Darts Players Ranking. William Lee berada di petingkat ketujuh dengan 570 poin, Samuel Valerian 536 poin dan Indra Omar dengan 530 poin.

William Lee dihentikan oleh Indra Omar yang berhasil melangkah hingga ke babak quarter finals Darts National Competition Series 04 bersama dengan Samuel Valerian. Di babak perempat final Darts National Competition Series 04, Indra Omar disingkirkan oleh Benny Tandean sementara Samuel Valerian kalah dari Putra Fajar Utama.

4 dari 4 halaman

Klasemen 20 Besar IEG Sports Darts Players Ranking per 23 Agustus 2024

1.     Tirta Suparjo – 1940 Poin

2.     Putra Fajar Utama – 1371 Poin

3.     Benny Tandean – 1324 Poin

4.     Sunny Kings Handoko – 820 Poin

5.     Rudi S Rustandi – 745 Poin

6.     Suwendi – 715 Poin

7.     Jordhie Indra – 645 Poin

8.     William Lee – 570 Poin

9.     Samuel Valerian – 536 Poin

10. Indra Omar – 530 Poin

11. Bimo Setyoadi Nugroho – 430 Poin

12. Stepfanus Putera – 403 Poin

13. Livio Delpialo – 397 Poin

14. Mario Kao – 347 Poin

15. Angelika Friskyla – 311 Poin

16. Frangky – 301 Poin

17. Kevin Putra – 267 Poin

18. Jessica Christina – 263 Poin

19. Rio Hartono – 237 Poin

20. Marcello Stephen – 231 Poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.