Sukses

5 Klub Liga Inggris Paling Boros di Bursa Transfer Musim Panas 2024: Manchester United Urutan Berapa?

Sejumlah klub Liga Inggris rela menghabiskan dana besar untuk merombak skuad di jendela transfer musim panas kali ini. Siap saja tim paling boros?

Liputan6.com, Jakarta - Jendela transfer musim panas 2024 hampir menemui ujungnya. Klub-klub papan atas Eropa masih gencar melakukan aktivitas di bursa demi mewujudkan skuad idaman pada awal kampanye 2024/2025. 

Tak sedikit tim yang rela menghabiskan dana ratusan juta euro demi memenuhi ambisinya sepanjang jendela transfer. Langkah belanja besar-besaran nekat diambil klub-klub dengan harapan skuad mereka bakal tampil lebih moncer di kompetisi musim ini. 

Sejumlah tim Liga Inggris pun tak ketinggalan memamerkan sikap royalnya. Chelsea misalnya. Klub yang kini ada di bawah asuhan Enzo Moresca itu telah mengangkut sederet nama penting, termasuk mantan pemain pinjaman mereka Joao Felix. 

Aston Villa tak ketinggalan memboroskan anggarannya setelah berhasil finis di urutan 4 klasemen Liga Inggris musim lalu, yang sekaligus mengantar mereka berhak mentas di Liga Champions musim ini. 

Sementara itu, Manchester United yang mencatatkan akhir terburuk dengan menempati peringkat 8 tabel Premier Leagie 2023/2024 turut memakai dana cukup banyak untuk merekrut Joshua Zirkzee, Leny Yoro, Matthijs de Ligt, dan Noussair Mazraoui. 

Aliran pengeluaran mereka pun belum akan berhenti sebab MU masih berencana mengangkut gelandang bertahan Manuel Ugarte dari PSG. 

Termasuk trio klub di atas, ini daftar 5 tim Liga Inggris dengan belanja paling boros hingga mendekati akhir bursa transfer musim panas 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Chelsea

Chelsea sempat menjadi pemuncak daftar klub yang paling banyak menghabiskan dana untuk belanja di bursa transfer pada 2022 dan 2023 silam. Kala itu, tim berujuk The Blues rela menggelontorkan dana masing-masing 294 juta serta 464,1 juta euro demi memenuhi ambisinya. 

Menariknya, Football Transfers mencatat predikat tim terboros kembali dipegang Chelsea musim panas ini. Mereka sudah memakai dana setidaknya 241 juta euro guna memperkuat skuad di jendela transfer pertengahan tahun 2024.

Secara spesifik, tim besutan Enzo Moresca telah membeli Joao Felix, Pedro Neto, Kiernan Dewsbury-Hall, Omari Kellyman, Marc Guiu, Renato Veiga, Caleb Wiley, Aaron Anselmino hingga Filip Jorgensen.

3 dari 6 halaman

2. Aston Villa

Aston Villa menyusul Chelse sebagai klub paling boros kedua sepanjang bursa transfer musim panas 2024, khusus dalam lingkup Liga Inggris. Klub racikan Unai Emery itu sudah menghabiskan dana 176,2 juta euro demi mendatangkan pemain baru ke klub. 

The Villa menggelontorkan uang paling banyak untuk membeli Amadou Onana dari Everton seharga 59,35 juta euro. Mereka juga merekrut Ian Maatsen dari Chelsea dengan mahar 44,5 juta euro, sementara pembelian Cameron Archer, Jaden Philogene, Samuel Iling-Junior, Lewis Dobbin, Enzo Barrenechea, dan Ross Barkley masing-masing ada di kisaran 5 hingga 16 jutaan euro.

4 dari 6 halaman

3. Brighton and Hove Albion

Brighton and Hove Albion jadi tim ketiga Liga Inggris dengan jumlah pengeluaran paling besar di bursa transfer musim panas 2024 sejauh ini. 

The Seagulls tercatat membeli Georgino Rutter, Brajan Gruda, Mats Wieffer, Yankuba Minteh, Ibrahim Osman dan Malick Junior Yalcouye yang membuat mereka merogoh kocek senilai total 170,2 juta euro.

5 dari 6 halaman

4. Manchester United

Manchester United jadi salah satu tim yang cukup santer dikabarkan ingin melakukan perombakan skuad besar-besaran menyusul hasil kurang memuaskan yang mereka raih di berbagai kompetisi—selain Piala FA—musim lalu.

Ada setidaknya empat nama yang sudah direkrut untuk mendongkrak kualitas MU, dengan rincian Leny Yoro seharga 62 juta euro, Matthijs de Ligt 45 juta euro, Joshua Zirkzee 42,5 juta euro, serta Noussair Mazraoui 15 juta euro. 

Pembelian itu membuat Setan Merah praktis telah mengeluarkan total dana 164,5 juta euro, dengan angka ini bisa bertambah sebab mereka masih ingin mengangkut Manuel Ugarte dari Paris Saint-Germain (PSG).

6 dari 6 halaman

5. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur ada di urutan selanjutnya dalam daftar klub Liga Inggris paling royal di bursa transfer musim panas 2024 sejauh ini. 

Mereka tercatat telah menghabiskan 148,85 juta euro untuk membeli Dominic Solanke (64,3 juta euro), Archie Gray (41,25 juta euro), Wilson Odebert (29,3 juta euro) dan Lucas Bergvall (10 juta euro), ditambah pemain muda Korea Min-hyeok Yang, yang akan bergabung pada bulan Januari seharga 4 juta euro.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.