Sukses

Rumah Tangga Diterpa Isu Miring, Posisi Pratama Arhan di Timnas Indonesia Bagaimana?

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan situasi Pratama Arhan dalam skuad racikannya usai sorotan terhadap sang pemain karena isu miring rumah tangganya.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan posisi Pratama Arhan dalam skuad racikannya usai sorotan terhadap sang pemain karena isu miring rumah tangganya.

Juru taktik asal Korea Selatan memastikan pesepak bola berusia 22 tahun itu tetap dipanggil ke skuad Garuda saat melakoni laga putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi dan Australia, September mendatang.

Sekadar informasi, Pratama Arhan memang ramai menjadi buah bibir dalam beberapa hari terakhir akibat kabar dugaan perselingkuhan yang dilakukan istrinya Azizah Salsha.

Mantan pemain Tokyo Verdy itu semula bungkam dan hanya memamerkan foto pernikahan dengan Azizah dalam rangka memperingati setahun kebersamaan mereka melalui Instagram pribadinya.

Namun belakangan, penggawa Timnas Indonesia akhirnya buka suara memberi klarifikasi lewat konten eksklusif di media sosial. Dia menyangkal kebenaran rumor yang beredar dan mengeklaim isu tersebut mengganggu kenyamanan rumah tangganya.

"Sudah lumayan lama saya diam, niat saya awalnya tidak merespons agar tidak memperbesar tuduhan-tuduhan tidak penting seperti ini. Akan tetapi, semakin ke sini malah semakin menjadi-jadi," tulis Arhan dalam unggahannya, Kamis, 22 Agustus 2024.

"Mulai dari mentions, tag, DM, beberapa dari kalian sangat mengganggu bagi saya, istri saya, keluarga dan beberapa teman dekat. Apalagi isinya sangat tidak benar, mulai dari menuduh istri saya yang tidak-tidak, mengedit foto istri saya yang tidak wajar," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY Pastikan Tetap Bawa Arhan

Kabar miring yang menimpa rumah tangga Pratama Arhan tak ayal sempat membuat publik, khususnya fans sepak bola, khawatir. Pasalnya, pemuda kelahiran Blora selama ini merupakan langganan Timnas Indonesia, dengan skuad Garuda sebentar lagi bakal menghadapi agenda penting di putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong selaku juru taktik tim nasional senior lantas angkat bicara membeberkan posisi Pratama Arhan. Dia mengaku pihaknya memang pernah mempertimbangkan tak memanggil sang penggawa sebelum beredarnya isu soal rumah tangganya.

Opsi itu muncul sebab waktu bermain Arhan di klub Korea Selatan Suwon FC begitu minim. Akan tetapi belakangan, pelatih memutuskan tetap membawa Pratama Arhan ke Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal itu lantaran Arhan dia dianggap sebagai pemain bagus dan pekerja keras.

"Memang sebelum ada masalah ini pun, saya sudah berpikir apakah (Arhan) harus dipilih atai tidak, karena di liga Korea dia juga tidak masuk daftar pemain," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Jumat (23/8/2024).

"Memang dipertimbangkan masalah itu, tetapi saya akhirnya memilih Arhan ke timnas, dan setelah itu baru kejadian ada masalah itu (soal rumah tangganya)."

"Memang arhan pemain yang baik dan kerja keras, jadi kita tidak boleh kehilangan pemain yang baik seperti ini. Kita tetap panggil dia ke timnas, dan kita harus kontrol dia," tambah pelatih berusia 53 tahun.

3 dari 3 halaman

Tak Jamin Dimainkan

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong menegaskan pihaknya tak bisa menjamin soal dimainkan atau tidaknya Pratama Arhan saat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Walau demikian, dia ingin menjaga sang pemain dengan tetap membawa dia dalam skuad racikannya.

"Memang kita tidak bisa jamin apakah dia bisa bermain di pertandingan berikutnya, tapi kita tetap bawa dia supaya kita tidak kehilangan pemain timnas yang baik," pungkas Shin Tae-yong kepada awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.